Story dari KOTA SURAKARTA

Sekolah Menengah Atas

MPLS SMA Muhamamdiyah 1 Surakarta Hari Pertama

  SMA MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA – Tahun ajaran baru 2023/2024 secara serentak dimulai pada hari Senin (17/07). Semangat siswa-siswi untuk bersekolah kembali bersemi, terlebih bagi mereka para peserta didik baru. Tidak terkecuali di SMA Muahammadiyah 1 Surakarta. Sejak pukul 06.30, nampak siswa-siswi mulai berbondong-bondong memasuki gerbang sekolah. Bapak ibu guru pun juga berbaris rapi memberikan sambutan hangat bagi siswa-siswinya. Kepala Sekolah SMA Muahammadiyah 1 Surakarta, Dr. Rahayunongsih, S.Pd, M.Pd. mengatakan pihaknya menyambut siswa-siswi dengan meriah pada hari pertama masuk sekolah. Hal tersebut sekaligus menegaskan bahwa SMA Muhammadiyah 1 Surakarta konsisten dalam menerapkan Gerakan Sekolah Menyenangkan. “Jadi MPLS ini kami kemas menjadi kegaiatn yang menyenangkan siswa. Anak diterima sebagai keluarga SMA Muhamamdiyah 1 Surakarta, jadi perlakuannya sangat luar biasa,” ujarnya. Saat menyambutan siswa-siswi, semua  guru dan karyawan turut dilibatkan. Tempat MPLS disiapkan dengan indah dan dibuat senyaman mungkin, hingga spot foto untuk siswa maupun orang tua. Hal ini menjadi pertanda bahwa sekolah SMA Muhammadiyah 1 Surakarta penuh cibta dan kasih saying, Kata Rahayuningsih Ditanya soal SMA Muhammadiyah 1 Surakarta, Rahayuningsih menjelaskan sekolah  menerapkan sistem pembelajaran yang berpusat pada siswa, semua guru bersama siswa harus melakukan kegiatan belajar mengajar dengan penuh kesenangan dan inovasi. Sehingga diharapkan siswa bisa belajar dengan rasa nyaman dan bahagia. “Kita bikin siswa-siswi ini betah belajar dikelas. Maka pembelajaran yang dilakukan harus menyenangkan, seperti dengan keluarga sendiri,” imbuhnya. Pada awal pembelajaran, setiap kelas juga diberikan hak untuk membuat aturannya sendiri. Maka perlu adanya kesepakatan antara wali kelas dan murid, perihal aturan yang akan diterapkan. “Misal ada yang terlambat hukumannya nyapu. Kemudian kalau ada yang atribut seragamnya nggak lengkap disepakati apa konsekuansinya. Yang penting semua sudah disepakati diawal,” pungkas Rahayuningsih. Salah seorang peserta didik baru, mengaku senang dengan sambutan yang diberikan oleh para guru. Ia berharap kesan manis yang ia terima diawal bisa terus dirasakan hingga lulus nanti. “Ya rasanya bahagia dapat sambutan yang luar biasa dari bapak ibu guru dan kakak kelas juga. Kebetulan waktu awal masuk SMP dulu nggak ada sambutan semacam ini karena pas musim corona,” ujar siswi Pada tahun ajaran baru kali ini, SMA Muhamamdiyah 1 Surakarta membuka 5 kelas rombongan belajar (Rombel). Masing-masing kelas diisi rata-rata 33 anak, sehingga total ada 163 siswa baru yang diterima. Sementara dari 5 kelas tersebut, 2 diantaranya merupakan Kelas Program khusus unggulan.

Sekolah Menengah Atas

SMA Muhiska Menyapa Sahabat Sehat di Mentari FM

  SMA Muhammadiyah 1 Surakarta mengudara di Mentari FM, Rabu 12 Juli 2023. Pembicara dari SMA Muhammadiyah 1 Surakarta, Suratman, S.Pd.I., selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan dan Muhammad Mahmud Alhushori, S.Pd., selaku guru Bahasa Inggris Program Khusus Siaran dilaksanakan kantor Mentari FM 98 Mhz di gedung Balai Muhammadiyah Surakarta lantai 2. Siaran diawali perkenalan dari Mentari FM yang dipandu oleh Dina Fania yang mengenalkan nara sumber. SMA Muhammadiyah 1 Surakarta mengawali dengan mengenalkan Visi Sekolah yaitu Terciptanya Insan Islami, Mandiri, Berakhlakul Karimah dan Berwawasan Gobal. “SMA Muhammadiyah 1 Surakarta lahir tanggal 1 September 1946. Insyaallah besok September usia SMA Muhammadiyah 1 Surakarta 77 Tahun”. Dalam hal prestasi dan fasilitas yang ada di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta, banyak prestasi yang sudah dicapai oleh peserta didik baik tingkat lokal sampai tingkat internasional. Fasilitas yang adapun juga tidak perlu diragukan yang memungkinkan siswa betah di sekolah. SMA Muhammadiyah 1 Surakarta memberi kesempatan kepada peserta didik untuk berprestasi dan mengembangkan bakat minat mereka. Banyak kegiatan untuk mengembangkan bakat minat yaitu dengan mengikuti kegiatan ektrakulikuler atau mengisi beberapa kegiatan pentas seni dalam Milad, Duta Muhiska, Awalussanah, Akhirusannah, POSBINDU, Bakti Sosial dll. Minat dan bakat siswa terus diasah dan dikembangkan di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Untuk tahun pelajaran 2023/2024i SMA Muhammadiyah 1 Surakarta mempunyai proram ektrakulikuler baru yaitu Tari dan Panahan. Dengan pelatih Guru yang ahli di bidang tersebut. Pada kesempatan ini Suratman, S.Pd.I., menginfokan juga mengenai PPDB SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Beberapa program yang ada di sekolah, program reguler, kelas Program Khusus dengan pilihan Bahasa Inggris dan program Tafid. Selanjutnya Muhammad Mahmud Alhushori, S.Pd., fokus menjelaskan terkait Kelas Program Khusus yang ada di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Di sesi siaran ada salah satu pendengar yang menanyakan, apakah sekolah memfasilitasi Bimbingan UTBK bagi siswanya? Terkait hal ini Suratman, S.Pd.I., menjawab bahwa Sekolah memberikan Bimbingan UTBK kepada siswa nya, untuk meraih kesuksesan dalam jenjang pendidikan yang lebih tinggi yaitu dengan masuk ke PTN terutama dan PTS umumnya. Di akhir sesi, Suratman S.Pd.I., memberikan closing statement bahwa SMA Muhammadiyah 1 Surakarta dengan tagline : Smart and Religious, siap membimbing dan membina para calon siswa tidak hanya dari sisi akademik, tapi juga dari sisi moral, akhlak dan agama yang dijunjung tinggi di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta.

Sekolah Menengah Atas

 RAKOR PIMPINAN SMA MUHISKA

Sudah menjadi sesuatu yang lazim di dunia pendidikan, bahwa untuk memulai tahun ajaran baru diadakan rapat koordinasi pimpinan di awal tahun pelajaran. Hal ini dimaksudkan untuk menyamakan visi antara pimpinan selama satu tahun kedepan. SMA Muhammadiyah 1 Surakarta juga melaksanakan agenda rutin awal tahun pelajaran dengan melaksanakan Rakor Pimpinan. Acara tersebut dilaksanakan Selasa 11 Juli 2023 di ruang 2 gedung sekolah. Pada kesempatan tersebut Kepala Sekolah, Dr. Rahayuningsih, S.Pd, M.Pd. menyampaikan banyak hal untuk dijadikan acuan mengelola sekolah untuk selama 1 tahun kedepan. “Kepala sekolah mengajak tenaga pendidik dan tenaga kependidikan untuk berkomitmen dalam memajukan SMA Muhamamdiyah 1 Surakarta kedepan, sehingga kita harus bekerjasama untuk memajukan sekolah yang kita cintai ini, terlebih pada pembinaan akhlak peserta didik yang harus dilakukan secara bahu membahu antar sesama guru, kemudian mengajak para guru agar membuat program-program yang bisa membangun semangat dan minat siswa untuk makin giat belajar dan mengkombinasikan antar pembelajaran di dalam serta diluar ruangan” ajak Ibu Rahayuningsih. Dalam rapat tersebut, kepala sekolah mengingatkan kembali agar semua wakil kepala sekolah memaparkan program kerjanya yang jelas dan rasional untuk dilaksanakan selama setahun kedepan Rapat koordinasi yang berlangsung kurang lebih 6 jam dimulai dari jam 08.00 WIB dengan peserta kepala sekolah, semua wakil kepala sekolah dan stafnya, bendahara BOS, koordinator piket dan kepala Tata Usaha berlangsung lancar dan khidmat. Masing masing wakil kepala sekolah melaporkan keberhasilan pelaksanaan program kerja tahun pelajaran 2022/2023 serta evaluasi sekaligus memaparkan program kerja yg akan dilaksanakan tahun pelajaran 2023/2024 yang sudah dibuat berdasar 8 standar nasional pendidikan (SNP) Cakupan SNP terdiri dari 8 (delapan) standar, yaitu:(i) standar kompetensi lulusan; (ii) standar isi; (iii) standar proses; (iv) standar penilaian pendidikan; (v) standar tenaga kependidikan; (vi) standar sarana dan prasarana; (vii) standar pengelolaan; dan (viii) standar pembiayaan. Acara ditutup setelah pemaparan peraturan akademik yang akan diperlakukan di Tahun Pelajaran 2023/2024. Program UTBK disepakati sebagai salah satu program unggulan yang akan digarap secara lebih serius, dengan tujuan agar semakin banyak peserta didik yang diterima di perguruan tinggi negeri. Sedang program dr wakil kepala sekolah bagian kesiswaan adalah dibuatkan POS untuk penanganan permasalahan pada peserta didik dan mulai tahun pelajaran 2023/2024 peserta didik tidak diperbolehkan memakai HP selama proses pembelajaran berlangsung. Semoga dengan adanya rapat koordinasi komitmen dalam memajukan SMA Muhamamdiyah 1 Surakarta dapat terealisasi.  

Sekolah Menengah Atas

MoU Kerjasama UMS Library Corner dengan SMA Muhiska

MoU Kerjasama UMS Library Corner dengan SMA Muhiska SMA Muhammadiyah 1 Surakarta menandatangani kerjasama dengan Perpustakaan dan Pusat Layanan Digital Universitas Muhammadiyah Surkarta. Kegiatan dilaksanakan di Perpustakaan SMA Muhammadiyah1 Surakarta dihadiri oleh kedua belah pihak. (Senin, 17 Juli 2023) Adapun susunan acara penandatanganan MoU kerjasama meliputi pembacaan Tilawah Quran oleh Khadafi Indarto, menyanyikan Indonesia Raya dan Mars Muhammadiyah. Penandatanganan Naskah MoU kerjasama dan penandatanganan Berita acara Serah Terima UMS Library Corner. Dilanjutkan penyerahan Souvenir dari UMS ke SMA Muhammadiyah 1 Surakarta dan sambutan-sambutan. Sambutan pertama dari Kepala  SMA Muhammadiyah 1 Surakarta, Dr. Rahayuningsih, S.Pd., M.Pd. mengucapkan terimakasih dan mohon bimbingan serta arahan agar perpustakaan SMA Muhammadiyah 1 Surakarta dapat menciptakan suasana lebih nyaman. “Semoga penandatanganan MoU kerjasama dapat menjadi berkah untuk SMA Muhammadiyah 1 Surakarta dan Perpustakaan Pusat Layanan Digital UMS. Terjalin kerjasama untuk meningkatkan pendidikan”. tambah beliau. Sambutan kedua dari Kepala Perpustakaan dan Pusat Layanan Digital UMS, Maria Husnun Nisa, S.Sos., M.A. mengatakan bahwa “Kegiatan ini merupakan usaha untuk meningkatkan literasi semangat membaca sebagai amanat sesama saudara kandung SMA Muhammadiyah 1 Surakarta dan Universitas Muhammadiyah Surakarta”. UMS library Corner menghibahkan 1 rak buku, karpet, tempat duduk dan beberapa buku. Kegiatan ini untuk dilaksanakan agar siswa SMA Muhammadiyah 1 Surakarta suka berkunjung ke perpustakaan. Tim Perpustakaan dan Pusat Layanan Digital UMS melihat SMA Muhammadiyah 1 Surakarta sudah mempunyai modal yang cukup untuk mengikuti akreditasi perpustakaan agar mengetahui sejauhmana tingkat posisi perpustakaan SMA Muhammadiyah 1 Surakarta.  Kegiatan diakhiri dengan fotobersama dan ramah tamah dengan dekorasi baru perpustakaan SMA Muhammadiyah 1 Surakarta yang tambah cantik dan nyaman. Semoga dengan penandatanganan MoU kerjasama dapat meningkatkan semangat untuk berkunjung ke perpustakaan.