Senin, 20 Mei 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

KKSI 2021 TOURISM PROMOTION (PROMOSI WISATA DAERAH)

KKSI 2021 TOURISM PROMOTION (PROMOSI WISATA DAERAH)

Kamp Kreatif SMK Indonesia (KKSI) Tahun 2021 merupakan salah satu bentuk upaya untuk dapat meningkatkan dan meratakan mutu, serta mengimplementasikan revolusi industri 4.0 pada pembelajaran di SMK.

KAMP Kreatif SMK Indonesia (Pembelajaran Daring) KKSI 2021 diselenggarakan dengan latar belakang sebagai berikut:

  1. Perlu mengimplementasikan teknologi terbaru/industri 4.0 dalam proses pembelajaran di SMK.
  2. Perlu meningkatkan dan memeratakan kualitas pembelajaran di SMK melalui pelatihan yang disampaikan oleh para maestro dan tenaga ahli.
  3. Meningkatkan akses kepada pendidikan berkualitas di SMK.

Materi pelatihan diberikan secara langsung oleh para instruktur/ narasumber ahli di bidangnya masing-masing. Adapun pelaksanaan kegiatan ini berbasis daring atau video conference yang ditujukan untuk para Siswa SMK dari seluruh Wilayah Indonesia.

Dari sekian banyak topik pembelajaran yang disediakan pada kamp kreatif smk indonesia, SMK Negeri 1 Tanara dipercaya untuk menjadi pengampu dari kegiatan KKSI 2021 ini, yaitu berfokus pada topik Tourism Promotion. Mari kita simak pembahasannya dibawah ini.

KAMP KREATIF SMK INDONESIA
TAHUN 2021 

TOURISM PROMOTION”

 

Tema : Promosi Wisata Di Bumi Yang Kau Pijak

Sekolah Pengampu : SMK Negeri 1 Tanara

PENGANTAR

Halo Kawan SMK..

Tren wisata di dunia mulai berubah. Destinasi pariwisata serta teknologi mempengaruhi cara masyarakat mengakses informasi wisata serta rekreasi. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi mempengaruhi perkembangan pariwisata. Pola pengelolaan informasi pariwisata berbasis platform online membuat bisnis wisata sekarang ini jauh berubah. Bagaimana “kita” menyesuaikan diri untuk mempromosikan serta kompetisi bisnis pariwisatadi bumi yang kita pijak demi meningkatkan ekonomi kreatif lingkungan sekitar.

TUJUAN PELATIHAN

Membuat konten dalam memaksimalkan promosi wisata di bumi yang kau pijak melalui pemanfaatan teknologi demi membangun ekonomi kreatif di wilayah dan membangun desamu.

MATERI PELATIHAN

  1. Literasi Promotion Tourism (wisata alam, centra kerajinan, wisata religi, wisata budaya, dll) yang ada di sekitar kalian.
  2. HAKI produk video yang dibuat
  3. Ide/gagasan promosi tempat wisata dalam pembuatan konten wisata.
  4. Strategi penguatan content media promosi berbasis IT (konten audio video).
  5. Proses pembuatan content video wisata.
  6. Proses editing content video wisata

MANFAAT PELATIHAN

  • Mengembangkan kreativitas dan ekonomi kreatif penduduk sekitar dampak dari promosi potensi pariwisata yang ada di daerah sekitar.

RUNDOWN KEGIATAN

  • Persiapan kebutuhan materi operasional (Bulan Juli)
  • Sosialisasi dan pendaftaran peserta (Bulan Agustus s/d September 2021)
  • Pembelajaran Daring, 2 Jp x 8 pertemuan = 16 Jp (Bulan Oktober 2021)
  • Pengerjaan Tugas Akhir (November 2021)
  • Penilaian Tugas Akhir (Desember 2021)

TARGET PESERTA

  • Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dari seluruh wilayah Indonesia.
  • Tim terdiri dari 3 Siswa/siswi SMK kelas X, XI, XII dan 1 Guru Pembimbing dari berbagai kompetensi keahlian

PERSYARATAN PESERTA

  • Siswa/siswi SMK sederajat yang memiliki smartphone / kamera digital
  • Memahami dasar editing video.
  • Di SK kan oleh Kepala Sekolah masing-masing dan di upload ke panitia.

PERALATAN MINIMAL YANG DIPERLUKAN PESERTA

  • Handphone/PC/Laptop
  • Koneksi internet yang baik

JUMLAH PESERTA

  • 150 Peserta

TUGAS AKHIR

  • Setelah pelatihan diharapkan masing-masing tim mengumpulkan hasil video Promosi potensi wisata. Pengiriman hasil melalui email dan upload youtube.

KRITERIA PENILAIAN TUGAS AKHIR

  • 30% Ide Gagasan (konsep kreatif & Proposal Desain Produksi)
  • 50% Teknik Garapan (penyutradaraan, penataan kamera, penataan musik, ilustrasi, penyuntingan gambar & Artistik)
  • 20% Promosi (View yotube, merchandise)

MEKANISME PENGUMPULAN PROJECT/ TUGAS AKHIR

  • Peserta mengirimkan file lomba (proposal desain produksi, link youtube, soft file merchandise & dokumentasi cetak merchandise).
  • Siswa mengupload karya di kanal youtube dan mempromosikan produk yang telah di upload.

Itulah sedikit informasi tentang pelaksanaan kegiatan “Kamp Kreatif SMK Indonesia (KKSI) Tahun 2021” bidang Tourism promotion/promosi wisata. Kami dari sekolah pengampu program “Kamp Kreatif SMK Indonesia (KKSI) Tahun 2021” bidang Tourism promotion/ promosi wisata, bermaksud mengundang sekolah-sekolah SMK di seluruh wilayah indonesia untuk dapat mengikuti kegiatan dan ikut serta mensukseskan program dari Direktorat SMK, yaitu KKSI 2021.

Daftarkan Putra-putri Bapak Ibu untuk mengikuti pelatihan dibidang “TOURISM PROMOTION” dengan tema “PROMOSI WISATA DI BUMI YANG KAU PIJAK”.

  • Pendaftaran 100% gratis melalui link (https://bit.ly/DAFTARKKSI21) pilih (Tourism Promotion).
  • Pelatihan ini dibina langsung oleh para pakar ahli di bidangnya.
  • Mendapatkan Sertifikat langsung dari Direktorat SMK dan Peserta terbaik akan diikutsertakan pada Sayembara Karya Siswa SMK Tahun 2021.

Besar harapan kami Bapak/ibu dapat mengantarkan siswa-siswinya untuk dapat mengikuti kegiatan dan pelatihan KKSI Tahun 2021 ini.

Info lebih lanjut :

  • Instagram : @smknegeri1tanara
  • Facebook : @smknegeri1tanara

Narahubung :

  • Izzuddin Abd. Rouf (0878-7503-8991)

Atas perhatiannya kami sampaikan terimakasih.

SMK BISA, SMK HEBAT
VOKASI KUAT, MENGUATKAN INDONESIA.

 

Salam hangat,

 

SMK Negeri 1 Tanara
(Jl. Syekh Nawawi Tanara, Serang-Banten).