Sabtu, 18 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Dosen FKIP UNTAN Kenalkan Pembelajaran daring Berbasis “STEAM” kepada Guru Sekolah Sungai Kakap

Dosen FKIP UNTAN Kenalkan Pembelajaran daring Berbasis “STEAM”  kepada Guru Sekolah Sungai Kakap

Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura (FKIP UNTAN) yaitu Dr.  Y. Gatot Sutapa Y.  M. Pd dan Dwi Riyanti, MA. Ph. D. memperkenalkan metode pembelajaran daring Berbasis “STEAM” bagi Para Guru SMP dan SMA dan pemangku sekolah di Sungai Kakap Kabupaten  Kubu Raya.

Sebanyak Peserta 40 guru SMP – SMA dan Kepala sekolah mengikuti kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berbentuk sosialisasi semi workshop ini pada Rabu (8/09/2021).

Dr.  Y. Gatot Sutapa Y.  M. Pd menyampaikan bagi pemangku sekolah, kegiatan ini untuk menciptakan kondisi kolaboratif sehingga proses pembelajaran bisa difasilitasi secara bersama dalam ranah tanggung jawab yang sama.

“Guru dan pemangku sekolah bisa bekerja bareng dalam sebuah Team work yang mengkondisikan ekosistem students well-being”, ungkap Dosen Bahasa Inggris FKIP UNTAN.


Dr.  Y. Gatot Sutapa Y.  M. Pd sedang memberikan materi metode pembelajaran daring Berbasis “STEAM” bagi Para Guru SMP dan SMA dan pemangku sekolah di Sungai Kakap Kabupaten  Kubu Raya

Ia menegaskan semangat menghidupkan kurikulum yang berorientasi pada capaian pembelajaran Bahasa Ingris yang maksimal,  pelatihan ini mampu memberikan kontribusi positif,  inspirasi inovatif dan pembelajaran yang integratif.

“Kecepatan teknologi bisa digunakan untuk percepatan komprehensifitas pendidikan yang memanusiakan dan mampu survive”, ungkapnya.

Lebih lanjut Dosen Pendidikan Bahasa Inggri FKIP UNTAN ini mengatakan peserta menghendaki kegiatan seperti ini bisa dijadwalkan secara berkesinambungan. Dengan demikian,  update dan pengembangan profesi dapat terus dilakukan.




<!– /* Font Definitions */ @font-face {font-family:”Cambria Math”; panose-1:2 4 5 3 5 4 6 3 2 4; mso-font-charset:0; mso-generic-font-family:roman; mso-font-pitch:variable; mso-font-signature:3 0 0 0 1 0;} @font-face {font-family:Calibri; panose-1:2 15 5 2 2 2 4 3 2 4; mso-font-charset:0; mso-generic-font-family:swiss; mso-font-pitch:variable; mso-font-signature:-469750017 -1073732485 9 0 511 0;} /* Style Definitions */ p.MsoNormal, li.MsoNormal, div.MsoNormal {mso-style-unhide:no; mso-style-qformat:yes; mso-style-parent:””; margin-top:0cm; margin-right:0cm; margin-bottom:8.0pt; margin-left:0cm; line-height:107%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:”Calibri”,sans-serif; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-fareast-font-family:Calibri; mso-fareast-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-bidi-font-family:”Times New Roman”; mso-bidi-theme-font:minor-bidi; mso-fareast-language:EN-US;} .MsoChpDefault {mso-style-type:export-only; mso-default-props:yes; font-family:”Calibri”,sans-serif; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-fareast-font-family:Calibri; mso-fareast-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-bidi-font-family:”Times New Roman”; mso-bidi-theme-font:minor-bidi; mso-fareast-language:EN-US;} .MsoPapDefault {mso-style-type:export-only; margin-bottom:8.0pt; line-height:107%;} @page WordSection1 {size:612.0pt 792.0pt; margin:72.0pt 72.0pt 72.0pt 72.0pt; mso-header-margin:36.0pt; mso-footer-margin:36.0pt; mso-paper-source:0;} div.WordSection1 {page:WordSection1;} –>
Dwi Riyanti, MA. Ph. D. sedang memberikan materi metode pembelajaran daring Berbasis “STEAM” bagi Para Guru SMP dan SMA dan pemangku sekolah di Sungai Kakap Kabupaten  Kubu Raya

Metode pembelajaran daring Berbasis STEAM ini dikenal sebagai metode pembelajaran terapan yang menggunakan pendekatan antara ilmu. STEAM mencakup disiplin ilmu Science (Sains), Technology (Teknologi), Engineering (Teknik), Arts (Seni), dan Mathematics (Matematika). Sistem pendidikan ini banyak digunakan di Amerika Serikat. Aplikasi STEAM biasanya dibarengi dengan pembelajaran aktif dan berbasis masalah.