Selasa, 30 April 2024
Perguruan Tinggi

Penyajian Grafik Mudah dan Menyenangkan, Dosen Prodi Matematika UNTAN Kenalkan Desmos

Penyajian Grafik Mudah dan Menyenangkan, Dosen Prodi Matematika UNTAN Kenalkan Desmos

“Penyajian gambar dua dimensi maupun tiga dimensi tak jarang menjadi tantangan bagi guru dalam mengajar, terlebih beragamnya simbol yang ada dalam komputer justru membuat guru kebingungan,” begitu keterangan dari Effendi, salah satu guru Matematika.

Menjawab permasalahan yang kerap dialami oleh guru mata pelajaran Matematika, tim PKM Dosen Program Studi Matematika FMIPA Untan adakan pelatihan bertema “Pelatihan Menggambar Grafik Dua dan Tiga Dimensi dengan Menggunakan Aplikasi Desmos Untuk Guru-Guru Matematika SMP dan SMA di Pontianak dan Kubu Raya” dihadiri 50 peserta di Hotel Mercure pada Senin, (13/6).

“Sebelum PKM diadakan, kami bertanya pada MGMP mengenai latihan yang cocok untuk guru-guru dan mereka meminta latihan untuk menggambar dan menyajikan grafik ketika mengajar maupun membuat soal terkait geometri,” ungkap Dr. Bayu Prihandono, M. Sc selaku penanggung jawab sekaligus pemateri dari tim PKM Dosen Program Studi Matematika FMIPA Untan.

Tak hanya para dosen, pengenalan  aplikasi Desmos kepada guru SMP dan SMA se-Kubu Raya dan Pontianak turut melibatkan mahasiswa. Melalui keterlibatan, dosen dan mahasiswa turut berperan aktif membantu peserta dalam simulasi penggunaan aplikasi. Antarmuka aplikasi yang sederhana membuat peserta lebih mudah memahami pengoperasian aplikasi.

Loranti Folia, salah satu peserta mengaku baru pertama kali mendengar aplikasi Desmos.

 “Sayangnya waktu yang terbatas padahal masih banyak yang ingin dipelajari dari aplikasi Desmos. Semoga ke depannya akan ada pelatihan berkesinambungan mengenai aplikasi Desmos ini,” pungkasnya.