Jumat, 10 Mei 2024
Perguruan Tinggi

FEB Unram Hadirkan Dosen Tamu dari Mekkah dalam Kuliah Umum

FEB Unram Hadirkan Dosen Tamu dari Mekkah dalam Kuliah Umum

Mataram, Universitas Mataram – Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram (FEB Unram) menyelenggarakan kuliah umum bertajuk “Managing Sustainable Tourism: From University to the Destinations” di Ruang Teater, Gedung C FEB Unram pada Kamis (7/7).

Kuliah umum ini menghadirkan dosen tamu, yaitu Ali Ahmad Algassim, Ph.D. dari Umm Al-Quro University, Makkah. Rektor Unram, Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St., Ph.D. beserta seluruh dosen FEB Unram menyambut baik kedatangan Ali Ahmad Algassim, Ph.D. dalam rangka memberikan perkuliahan terkait kepariwisataan kepada mahasiswa.

Rektor Unram, Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St., Ph.D. dalam sambutannya menyampaikan harapannya agar ke depan Unram dengan Universitas Umm Al-Quro, Makkah dapat menjalin kerjasama secara institusional. Karena Unram sangat mendukung kegiatan berskala internasional, kuliah umum yang bersifat internasional, dan konferensi yang berkelanjutan.

“Kita mulai dengan level yang kecil, misalnya subjek unggulan dari Unram yang bisa kita kerjakan bersama dengan pertukaran pelajar dan pertukaran dosen baik sifatnya online maupun offline antara Universitas Mataram dan Universitas Umm Al-Quro kerjasama,” ungkap Prof. Bambang.

Ali Ahmad Algassim, Ph.D. turut menyampaikan maksud kunjungannya ke Indonesia adalah untuk meninjau dan mempelajari praktek-praktek pariwisata berkelanjutan yang ada di Indonesia, mulai dari Bali, Jogjakarta, dan Lombok.

“Kami berharap adanya kerjasama kedepannya antara Umm Al-Quro University dengan Universitas Mataram baik di bidang riset maupun pengembangan SDM maupun pertukaran pelajar,” ujar Ali.

Tema kuliah umum ini secara khusus membahas daerah Makkah, di mana kondisi gurun saat ini akan dijadikan dan dikembangkan menjadi destinasi wisata modern dan berkelanjutan. Selain itu, terdapat ratusan ribu peluang kerja untuk masyarakat dunia termasuk masyarakat Indonesia yang ingin bekerja di Arab Saudi dengan syarat memiliki skill dalam bidang kepariwisataan.