Kamis, 06 Oktober 2022
Perguruan Tinggi

Rektor UNJA Apresiasi Lecturer Mobility UNIB

<strong>Rektor UNJA Apresiasi <em>Lecturer Mobility</em> UNIB</strong><strong></strong>

REKTOR Universitas Jambi (UNJA) Prof. Drs. H. Sutrisno, M.Sc, Ph.D mengapresiasi dan menyambut baik dengan penuh rasa kekeluargaan kunjungan Rektor UNIB Dr. Retno Agustina Ekaputri, S.E, M.Sc beserta rombongan dalam agenda Lecturer Mobility UNIB, di ruang Senat lantai III Gedung Rektorat UNJA Mendalo, Selasa (6/9/2022).

Rektor UNIB beserta rombongan ketika tiba di gedung Rektorat UNJA. (foto:hms1)

“Selamat datang di Kampus ‘Pinang Masak’ UNJA, kami sangat mengapresiasi dan sangat senang atas kunjungan Rektor UNIB beserta rombongan. Kami sangat terbuka untuk melakukan kerjasama dan kolaborasi, serta sangat bersemangat membangun untuk kebersamaan. Sebab kita tahu, kolaborasi antar perguruan tinggi sangat penting dan sangat dibutuhkan dalam upaya memajukan institusi pendidikan tinggi,” ujar Prof. Sutrisno.

Dikatakan Prof. Sutrisno, pentingnya program Lecturer Mobility yang dilakukan UNIB ini, selain wadah silahturahmi, meningkatkan kerjasama antar perguruan tinggi, juga sebagai wadah sharing informasi dan pengalaman sebanyak-banyaknya tentang bagaimana meningkatkan pengelolaan perguruan tinggi, bersinergi dalam kegiatan-kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi, meningkatkan implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), serta sangat strategis dalam pencapaian dosen berkegiatan di kampus lain sebagaimana digariskan dalam IKU-3.

Rektor UNJA ketika menyambut Rektor UNIB dan rombongan di ruang rapat senat UNJA. (foto:hms1)

Jadi, program Lecturer Mobility UNIB ini tentu akan memberikan banyak dampak positif dan patut diapresiasi oleh semua pihak. Kami pun rencananya dalam waktu dekat akan berkunjung ke UNIB untuk melaksanakan rapat koordinasi penyelenggaraan SMMPTN dan menindaklanjuti kerjasama-kerjasama yang kita lakukan ini,” ujarnya.

Ditambahkan Prof. Sutrisno, saat ini UNJA tengah melakukan penyelarasan prodi, pemetaan dan peningkatan kapasitas dan akreditasi laboratorium, perbaikan tata kelola, penguatan penjaminan mutu, persiapan akreditasi nasional A (Unggul) dan akreditasi internasional. Penataan SDM dan pelaksanaan pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) secara teknis digerakan mulai dari prodi, jurusan dan fakultas. Semua kegiatan tentu harus dilakukan secara cermat dan memperhatikan faktor keamanan dan kenyamanan sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Rektor UNJA ketika menyampaikan sambutan dan mengapresiasi Lecturer Mobility UNIB. (foto:hms1)

“Terhadap upaya-upaya yang tengah kami lakukan, tentu kami mengharapkan masukan, saran dan pendapat dari pihak luar termasuk dari universitas mitra seperti UNIB ini. Dan kita pun terbuka serta siap saling berbagi informasi dan pengalaman kepada UNIB, sehingga ke depan dua universitas ini menjadi perguruan tinggi yang maju dan Unggul,” tukas Prof. Sutrisno.

Rektor UNIB Dr. Retno Agustina sangat senang bisa berkunjung ke UNJA dan mengucapkan terimakasih kepada Rektor UNJA dan jajaran yang telah menyambut baik penuh dengan rasa persahabatan dan kekeluargaan serta sangat mengapresiasi program Lecturer Mobility UNIB.

“Selain untuk mendapatkan nilai-nilai silahturahim, kami bermaksud untuk meningkatkan kerjasama dan kolaborasi dengan UNJA. Kemudian, melalui kegiatan ini diharapkan sebagai wadah sharing informasi dan pengalaman sebanyak-banyaknya tentang bagaimana proses transisi dari BLU menuju PTN-BH (Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum) sebagaimana yang tengah dilakukan UNJA saat ini. Berbagai informasi tersebut tentu akan menjadi bahan pengkayaan informasi bagi kami dalam upaya mewujudkan UNIB Unggul dan menuju PTN-BH ke depannya,” ujarnya.

Rektor UNIB ketika menjelaskan maksud dan tujuan program Lecturer Mobility ke UNJA. (foto:hms1)

Melalui program Lecturer Mobility ini tambah Dr. Retno, juga diharapkan memberikan pengalaman bagi dosen-dosen muda UNIB dalam berkegiatan melaksanakan tri dharma perguruan tinggi di luar universitas, bekerjasama dan berkolaborasi dengan dosen-dosen dari prodi dan fakultas yang relevan, sehingga mendorong pencapaian IKU-3 dan ke depan dapat membuka pintu kerjasama penelitian dan pengabdian kepada masyarakat secara bersama-sama.

“Rombongan kita ini terdiri dari dosen perwakilan delapan fakultas di UNIB, dan banyak dosen-dosen muda. Melalui kegiatan ini kita minta mereka berkunjung ke fakultas atau program studi yang sama di UNJA serta melaksanakan tri dharma perguruan tinggi. Kemudian diharapkan terjalin komunikasi atar sesama dosen yang sama bidang keilmuannya dan dapat memunculkan ide-ide terkait peningkatan mutu akademik, dan ide kerjasama penelitian serta pengabdian kepada masyarakat di masa akan datang,” papar Dr. Retno.

Senada dengan apa yang disampaikan Rektor UNJA, Rektor UNIB Dr. Retno menekankan agar semua pihak harus cermat dan senantiasa berhati-hati dalam pengelolaan universitas. “Walaupun kita dituntut untuk cepat, tapi kita harus selalu menjaga keamanan, berhati-hati dalam mengelola universitas, sehingga kita bisa mencapai kemajuan pada dua universitas ini tanpa terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” tukas Dr. Retno.

Pertukaran Cindera Mata Rektor UNJA dan Rektor UNIB. (foto:hms1)

Sekedar untuk diketahui, dalam melaksanakan program Lecturer Mobility ke UNJA ini, Rektor UNIB beserta rombongan menggunakan armada angkutan darat berupa bis yang dikoordinir Mbak Alia dari PT. Alesha Wisata. Meskipun jarak tempuh memakan waktu kurang lebih 15 jam sehingga tiba di Kota Jambi pukul 02.00 WIB dini hari, namun Rektor dan rombongan tampak bersemangat dan penuh rasa optimisme.

Ikut serta dalam rombongan sebanyak 28 dosen dan 3 orang tenaga kependidikan (Tendik), antara lain Ketua LPPM UNIB yang juga Dosen Fakultas Pertanian Dr. Ir. Hery Suhartoyo, M.Sc dan Ketua LPTIK UNIB yang juga Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Dr. Gushevinalti, S.Sos, M.Si. Kemudian, sejumlah dosen senior seperti Dr. Ardilafiza, SH, M.Hum (FH), Dr. Ir. Budiyanto, M.Sc (Fakultas Pertanian), Dr. Gumono, S.Pd, M.Pd dan Dr. Dian Pujianto, S.Pd.Jas, M.Or (FKIP), serta Dr. Eka Dewi Anggraini, S.P, M.Si (FEB). Dan sebagai Koordinator/PIC kegiatan ini adalah Dr. Rendy Wikrama Wardana, S.Pd, M.Pd (FKIP).

Foto bersama Rektor UNJA beserta para Wakil Rektor dengan Rektor UNIB dan rombongan. (foto:hms1)

Usai acara penyambutan oleh Rektor UNJA yang diakhiri dengan saling bertukar cindera mata berupa plakat masing-masing universitas serta foto bersama, kemudian kegiatan dilanjutkan dengan diskusi kerjasama tentang MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) yang dipimpin Wakil Rektor UNJA Bidang Akademik Dr. Drs. Kamid, M.Si dan Ketua LPTIK UNJA Dr. Ir. Sahrial, M.Si sebagai narasumber. Lalu dilanjutkan juga dengan diskusi kerjasama tentang riset kolaborasi yang dipandu oleh Dr. Ade Octavia, SE, MM dan kunjungan rombongan UNIB ke fakultas-fakultas yang ada di lingkungan UNJA.[Hms1].

Diskusi tentang MBKM antara pimpinan UNIB dan rombongan dengan pimpinan UNJA. (foto:hms1).
Rektor UNIB bersama Wakil Rektor II melakukan diskusi khusus dengan Rektor UNJA tentang transisi BLU ke PTN-BH di ruang rapat pimpinan Rektorat UNJA. (foto:hms1)
Rektor UNJA swafoto bersama dan bercengkrama penuh rasa persahabatan dengan Rektor UNIB di beberapa sudut ruang gedung Rektorat UNJA. (foto:hms1).