Jumat, 30 September 2022
Perguruan Tinggi

435 Mahasiswa MBKM Mulai Praktek Magang di Pemda Kerinci, Sarolangun dan Muaro Jambi

435 Mahasiswa MBKM Mulai Praktek Magang di Pemda Kerinci, Sarolangun dan Muaro Jambi

MENDALO,- Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Sistem Informasi Universitas Jambi (UNJA), Prof. Dr, rer.nat. Rayandra Ashyar, M.Si., melepas mahasiswa MBKM ke beberapa instansi pemerintahan yang ada di Provinsi Jambi, pada Senin (12/9/22) di Ruang Senat Gedung Rektorat Lantai III UNJA Mendalo.

Pelepasan Mahasiswa Peserta Merdeka Belajar- Kampus Merdeka (MBKM) Desa Laboratorium Terpadu (DLT) serta Penandatangan MoA antara Fakultas Pertanian Universitas Jambi dengan beberpa Instansi Pemerintah di Kabupaten Muaro Jambi, Sarolangun dan Kerinci Fakultas Pertanian Universitas Jambi

Kegiatan dihadiri Dekan Fakultas Pertanian, Prof. Dr. Ir. Suandi, M.Si., I.P.U., Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultural, Radium Halis, S.Pi., Wakil Dekan dilingkungan UNJA, Camat, Kepala Desa, Ketua Bundes dilingkungan DLT UNJA Kabupaten Muaro Jambi, Mahasiswa peserta MBKM serta undangan lainnya.

Dekan Fakultas Pertanian UNJA, Prof. Suandi mengatakan Fakultas Pertanian telah mencapai target dalam melaksanakan program MBKM bagi Mahasiswa Fakultas Pertanian.

“Alhamdulillah atas inisiasi Wakil dekan dilingkungan Faperta kegiatan kemahasiswaan dalap berjalan dengan lancar, hari ini mahasiswa yang ikut magang MBKM sebanyak 435 mahasiswa, ini target dari Universitas sebanyak 5% dari jumlah mahasiswa aktif telah terpenuhi saat ini sebanyak 2,5% mahasiswa kita sudah menmengikuti magang MBKM ini,” jelas Prof. Suandi.

 Prof. Suandi juga mengatakan bahwa peserta MBKM ini berasal dari semua prodi yang ada di Faperta.

Selain itu Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikulrural, Radium Halis, S.Pi., mengucapkan terima kasih atas penempatan kembali mahasiswa UNJA di Kabupaten Kerinci khususnya di Dinas Ketanama Pangan dan Holtikultural.

“Ini adalah Penempatan kedua, Program MBKM ini sangat mendukung pembanguan di Kabupaten Kerinci, banyak hal yang didapat dari mahasiswa UNJA ke petani-petani kami, banyak ide cemerlang dari mahasiswa tersebut pada tahun lalu untuk itu kami mengucapkan terima kasih untuk penempatan kedua ini,” terang Radium Halis.

Ia juga mengatakan kepada mahasiswa yang melakasanakan program MBKM pada tahun ini diharapkan dapat memanfaatkan waktu sebaik-baiknya sehingga pada kesempatan ini ilmu yang didapat sewaktu kuliah dapat diterapkan.

Sementara itu Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Sistem Informasi Universitas Jambi (UNJA), Prof. Dr, rer.nat. Rayandra Ashyar, M.Si., mengatakan kepada mahasiswa untuk dapat melihat potensi apa saja yang bisa dikembangkan di sana.

“Mahasiswa disana akan melihat banyak potensi yang ada di sana sehingga nantinya mahasiswa akan berkolaborasi bersama pemerintah dan masyarakat serta belajar berkomunikasi setelah turun langsung ke masyarakat,” ujar Prof. Rayandra.

Selain itu ia menyebutkan kepada Dekan dan Kepala Dinas untuk mengawasi dan memantau mahasiswa dalam melakukan program ini,

“Ini adalah pekerjaan luarbiasa untuk itu gunakan waktu sebaik-baiknya untuk kemajuan bersama, pada program ini mahasiswa juga diajarkan bagaimana terjun langsung kelapangan, sehingga nantinya ketika lulus mahasiswa sudah tidak canggung lagi turun ke masyarakat,” tutup Prof. Rayandra.

Silvia Yuliansari/HUMAS