Kamis, 29 September 2022
Perguruan Tinggi

FIP UNJ Selenggarakan Seminar Internasional Nurturing Well-Being In Positive Environment

FIP UNJ Selenggarakan Seminar Internasional Nurturing Well-Being In Positive Environment

Humas UNJ, Jakarta-seperti pada tahun-tahun sebelumnya Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta (FIP UNJ) selenggarakan seminar internasional. Untuk tahun ini seminar internasional bertajuk “ Nurturing Well-Being In Positive Environment”.

Seminar yang diselenggarakan pada Kamis, 22 September 2022 bertempat di Gedung Bung Hatta Lantai 2, Pascasarjana UNJ dan disiarkan juga secara daring melalui Zoom live streaming dan kanal YouTube FIP UNJ.

Seminar kali ini mengundang 4 pembicara diantaranya ada, Prof. Aurora Adina Colomeischi dan Prof. Tudor Colomeischi dari Stefan cel mare university of suceava, Romania. Dr. Roslee Ahmad, Universiti Sains Islam Malaysia, dan Prof. Awalaudin Tjalla dari Universitas Negeri Jakarta.

Pada welcoming speech, Prof. Fahrurrozi menyampaikan bahwa kegiatan seminar internasional yang dilakukan oleh FIP merupakan agenda rutin yang dilakukan setiap tahun, di mana setiap program studi yang ada di FIP dituntut untuk bisa menyelenggarakan seminar internasional. Tentu dengan adanya migrasi 4 program studi S2 yang ada di pasca sarjana, jadi total ada 14 program studi dengan rincian 7 program studi S1 dan 7 program studi S2 dan dengan banyaknya S2 sama banyaknya seperti S1 maka tuntutan terhadap kualitas, mutu dan suasana akademik di S2 diharapkan sama atau bahkan lebih dari pascasarjana. Maka dari itu program-program yang dilakukan akan lebih banyak untuk meningkatkan suasana akademik, baik dalam kegiatan seminar, lokakarya, pelatihan termasuk dalam peningkatan kapasitas mahasiswa.

Prof. Fahrurrozi ketika memberikan welcoming speech

“Tema ini dipilih dengan harapan pengembangan pendidikan pada anak-anak sekolah. Harapannya dengan tema ini para mahasiswa dari S1 dan S2 dan tentu saja para dosen akan mendapatkan manfaat, karena narasumber yang hadir betul-betul expert pada bidangnya.” Ucap Prof. Fahrurrozi

Selanjutnya, dalam opening speech yang harusnya Prof. Komarudin selaku Rektor UNJ berhalangan hadir dan digantikan oleh Prof. Suyono selaku Wakil Rektor Bidang Akademik. Prof. Suyono mengatakan menurut UNESCO kualitas pendidikan yang baik berdasarkan dari kesehatan dan kenyamanan.  Agar orang dapat hidup sehat dan produktif, mereka membutuhkan pengetahuan untuk mencegah penyakit dan sakit.  Agar anak-anak dan remaja dapat belajar, mereka perlu diberi gizi yang baik dan sehat.  Penelitian juga menunjukkan bahwa kenyamanan dapat meningkatkan motivasi intrinsik, mengurangi masalah disiplin, meningkatkan prestasi akademik, meningkatkan kepuasan sekolah, dan mengarahkan lebih baik pada perkembangan individu, kelompok, dan bangsa.  Sederhananya, anak-anak merasakan belajar menjadi lebih baik.

Pemaparan materi oleh Prof. Aurora Colomeischi dimoderatori oleh Drs.R.A. Hirmana W., M.Sc.Ed

“Oleh karena itu, kita perlu memprioritaskan dalam membangun lingkungan belajar yang mendukung kenyamanan siswa.  Kita perlu memastikan siswa merasa aman di sekolah, misalnya tidak ada lagi bullying di sekolah.  Kita perlu melatih guru kita untuk mengembangkan pelajaran yang menyenangkan dan bermakna sehingga siswa tidak lagi merasa cemas dan stres di sekolah.  Saya rasa dalam seminar ini, kita semua bisa belajar banyak tentang lingkungan pendidikan yang positif yang mendukung kesejahteraan siswa.” Tutup Prof, Suyono dalam sambutannya.