Minggu, 02 Oktober 2022
Perguruan Tinggi

Dosen Pascasarjana Unimed Lakukan Pelatihan Penyusunan Proposal PPPTV-PTS Kepada Pengelola Politeknik PTS di Kota Medan

Dosen Pascasarjana Unimed Lakukan Pelatihan Penyusunan Proposal PPPTV-PTS Kepada Pengelola Politeknik PTS di Kota Medan

Tim Dosen Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Pascasarjana Unimed bersama 3 mahasiswa melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di Kota Medan tentang penyusunan Proposal Penguatan Pendidikan Tinggi Vokasi (PPPTV)-PTS dengan judul Peningkatan Kompetensi Pengelola Politeknik di Kota Medan dalam Memperoleh Competitive Fund Vokasi Menggunakan Model Manajemen Pelatihan ADDIE”.

Kegiatan PKM tersebut dilaksanakan oleh Dr. Yuniarto Mudjisusatyo,M.Pd sebagai Ketua Tim PKM, beranggotakan Dr. Arif Rahman, M.Pd dan Dr. Rosnelli,M.Pd, beserta 3 orang mahasiswa Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Pascasarjana Unimed. Setiap anggota tim memiliki tugas dan tanggungjawab berbeda dalam upaya pencapaian target dan tujuan PKM. Mitra kegiatan PKM adalah unsur pimpinan dan tim Task Force  dari 10 Politeknik Perguruan Tinggi Swasta di Kota Medan yaitu (1) Politeknik Unggul LP3M, (2) Politeknik Ganesha, (3) Politeknik Mandiri Bina Prestasi, (4) Politeknik LP3I Medan, (5) Politeknik Santo Thomas, (6)  Politeknik Kesehatan YRSU Dr Rusdi, (7) Politeknik Wilmar Bisnis Indonesia, (8) Politeknik Adiguna Maritim Indonesia Medan, (9) Politeknik Cendana, (10) Politeknik Unggulan Cipta Mandiri. Peserta pelatihan terdiri dari 25 orang. Kegiatan PKM dilaksanakan di Growth Centre LLDikti Wilayah I, Jl. Peratun Medan.

Tujuan kegiatan PKM ini adalah untuk meningkatkan kompetensi mitra PKM dalam menyiapkan proposal sesuai Panduan PPPTV-PTS 2022 terutama pada bagian (a) Ringkasan Renstra yang telah direvisi dengan mengintegrasikan IKU MBKM, (b) Evaluasi Diri, (c) Roadmap Pengembangan Program Studi jangka Panjang, (d) SWOT Analysis, (e) Root Cause Analysis (RCA), (f) Program dan Kegiatan serta Indikator Kinerja Utama (IKU) yang harus sesuai dengan Tujuan dan Target serta IKU PPPTV-PTS 2022, dan (g) Rencana Anggaran Biaya Peralatan yang diusulkan sesuai Standar Biaya Masukan. Tujuan hibah PPPTV-PTS adalah untuk peningkatan mutu pembelajaran dengan menerapkan kebijakan Merdeka Belajar  Kampus Merdeka melalui bantuan sarana/prasarana. Kegiatan yang diusulkan harus mencakup penyelarasan kurikulum yang memenuhi standar nasional pendidikan  tinggi sesuai dengan kebijakan MBKM dan disusun bersama mitra DUDIKA.

 Peserta pelatihan sangat mengapresiasi kegiatan PKM ini karena bermanfaat dalam peningkatan kompetensi Tim Task Force dalam menyusun proposal PPPTV-PTS sebagai wujud transformasi pendanaan Kampus Merdeka. Dan pengalaman selama pelatihan juga akan dibagi kepada dosen lain di perguruan tinggi masing-masing agar juga memiliki kompetensi dalam penyusunan proposal Competitive Fund jenis lainnya yang secara konseptual berbasis institusi dengan evaluasi diri sebagai komponen esensial, dan kegiatan yang berorientasi outcome based, serta keharusan menerapkan konsep Performance Based Budgeting dalam penyusunan anggaran biaya. Setelah mengikuti pelatihan, sebanyak 6 Politeknik telah berhasil mengirimkan proposal untuk diseleksi sesuai dengan mekanisme dan prosedur yang terdapat dalam Panduan PPPTV-PTS 2022.

Kegiatan PKM ini dilaksanakan selama 4 kali pertemuan menggunakan model manajemen pelatihan ADDIE dengan mekanisme FGD. Materi pelatihan meliputi : (1) Hari Pertama (16 Juni 2022) : Kebijakan MBKM :  Competitive Fund, Best Practice Program Hibah Kompetisi Institusi 2002-2022, Overview Strategic Planning dan Paradigma Penguatan Pendidikan Tinggi Vokasi, Evaluasi Diri Sebagai Dasar Pengembangan Pogram dan Kegiatan Competitive Fund, SWOT Analysis, Penyusunan Pogram, Kegiatan dan Indikator Kinerja Utama; (2)  Hari Kedua (17 Juni 2022) : Review dan penyamaan persepsi Panduan Penyusunan Proposal PPPTV-PTS Tahun 2022, dan Tata cara pengusulan Proposal PPPTV-PTS 2022; (3)  Hari Ketiga dan Keempat (23-24 Juni 2022) : Pendampingan Intensif Penyusunan Proposal Program Penguatan Pendidikan Tinggi Vokasi-Perguruan Tinggi Swasta Tahun 2022 Bab 1 sd Bab 4 dan Lampiran. Kegiatan dilanjutkan dengan kerja mandiri dan konsultasi peserta pelatihan kepada Tim PKM bila diperlukan.

Ketua PKM Dr. Yuniarto Mudjisusatyo,M.Pd mengatakan bahwa kegiatan PKM dilaksanakan dengan mempertimbangkan peran strategis PPPTV-PTS dalam memperkuat sumberdaya peralatan laboratorium dan kompetensi dosen di bidang vokasi dan urgensi masih perlu ditingkatkannya kompetensi pengelola program studi vokasi/Politeknik PTS di Kota Medan dalam memperoleh pendanaan PPPTV-PTS tersebut.(Humas Unimed)