Jumat, 26 April 2024
Sekolah Menengah Atas

MAN 2 Palembang Peringati Hari Sumpah Pemuda

MAN 2 Palembang Peringati Hari Sumpah Pemuda

Humas, Mandupa.

Sumpah Pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober selalu diperingati oleh seluruh masyarakat Indonesia, turut diperingati juga oleh MAN 2 Palembang, Jumat (28/10). Peringatan hari sumpah pemuda tersebut diperingati MAN 2 Palembang dengan pelaksanaan upacara dan berbagai lomba diantaranya lomba kostum peringatan hari pahlawan, lomba poster, dan lomba membaca teks sumpah pemuda.

Pelaksanaan upacara tersebut dilaksanakan sekitar pukul 07.00 wib, lapangan madrasah sudah dipenuhi oleh siswa MAN 2 Palembang yang akan mengikuti upacara. Tidak seperti biasanya, hari ini para murid menggunakan pakaian yang beragam. Ada yang menggunakan pakaian adat, ada juga yang memakai batik nusantara. Meskipun begitu, upacara tetap berlangsung khidmat dan tertib.

Kepala MAN 2 Palembang, Ibu Hj. Rusmala Dewi, S.Pd.,M.M. sebagai Pembina. Dalam amanatnya, beliau menyebutkan bahwa siswa adalah para pemuda hebat yang akan meneruskan perjuangan para pahlawan dalam menjaga negara Indonesia dengan segala aspirasinya. Selain itu, Hj. Rusmala juga berharap para penerus generasi dapat beradaptasi dengan zaman yang sudah semakin maju dan mampu memanfaatkan teknologi yang ada dengan baik.

“Zaman sekarang, kalian banyak yang sudah terlena dengan teknologi dan gadget. Seharusnya kalian bisa memanfaatkannya dengan baik. Itulah arti dari Sumpah Pemuda ini, karena kalian adalah para pemuda hebat yang akan meneruskan perjuangan para pahlawan.”tuturnya.

Usai melaksanakan upacara, kegiatan dilanjutkan dengan pelaksanaan lomba pertama di halaman Madrasah, yaitu Best Costume Nusantara Putra-Putri yang diikuti oleh seluruh kelas. Kompetisi berlangsung lancar dan disambut meriah oleh siswa yang menjadi penonton dan supporter. Selain itu, terdapat dua perlombaan lain, yaitu Pembacaan Teks Sumpah Pemuda yang juga dilaksanakan di lapangan sekolah, dan Lomba Menggambar Poster yang digelar tertutup di ruang pertemuan MAN 2 Palembang.

Diharapkan dengan digelarnya kegiatan-kegiatan ini, siswa-siswi MAN 2 Palembang sebagai
generasi penerus dapat melanjutkan jejak para pahlawan dalam mempertahankan kemerdekaan bangsa dengan mengamalkan arti dari Sumpah Pemuda, menghargai dan melestarikan beragam adat Indonesia yang ada, dan mengekalkan Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional. (TJP FAS)