Minggu, 27 November 2022
Perguruan Tinggi

LP3M Universitas Jember Gelar UNEJ Career Expo 2022

LP3M Universitas Jember Gelar UNEJ Career Expo 2022

Jember, 16 November 2022
Pusat Karir, Kewirausahaan dan Alumni, Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Jember menggelar kegiatan UNEJ Career Expo 2022 selama dua hari (16-17/11). Kegiatan rutin tahunan ini digelar di gedung auditorium dengan diikuti oleh lima belas perusahaan. Panitia menargetkan dalam dua hari kegiatan akan ada tiga ribu peserta yang hadir baik lulusan Universitas Jember maupun perguruan tinggi di sekitar Jember. Sebagai informasi hingga acara dibuka, tercatat sudah ada 2.525 peserta yang mendaftarkan diri.

Wakil Rektor III UNEJ menyampaikan pidato pembukaan

Menurut ketua panitia kegiatan, Rokhani, kegiatan UNEJ Career Expo 2022 digelar dalam rangka menjembatani lulusan Universitas Jember dengan dunia kerja. Selama dua hari pelaksanaan, para lulusan bisa mencoba menjajagi kesempatan bekerja dengan masing-masing perusahaan. Oleh karena itu LP3M memberikan kesempatan kepada setiap perusahaan untuk memaparkan profil perusahaannya masing-masing, termasuk menyediakan ruang untuk melakukan wawancara di gedung Auditorium. Beberapa perusahaan yang turut serta diantaranya PT. Wilmar Nabati Indonesia, PT. BFI Finance Tbk, PT. Indonesia Epson Industry, Hotel Aston dan lainnya.

Wakil Rektor III UNEJ menyampaikan pidato pembukaan

“Pelaksanaan kegiatan Career Expo tahun ini terasa spesial mengingat sebelumnya selama dua tahun kegiatan serupa dilaksanakan secara daring akibat pandemi Covid-19. Oleh karena itu kami memberlakukan sistem pendaftaran online sebagai saringan awal sekaligus pencegahan penyebaran Covid-19, sebab hanya peserta yang sudah divaksin Covid-19 yang bisa mendaftarkan diri. Selain menggelar kegiatan Career Expo secara rutin, kami juga menggelar berbagai pelatihan seperti pelatihan menghadapi wawancara kerja, pelatihan pengembangan diri serta menghadirkan sosok yang sukses berkarier dan pengusaha ternama. Kesemuanya dalam rangka menyiapkan lulusan Universitas Jember siap memasuki dunia kerja,” ujar Rokhani yang juga Ketua Pusat Karir, Kewirausahaan dan Alumni.

Wakil Rektor II UNEJ membuka secara resmi UNEJ Career Expo 2022 dengan pemukulan gong

Kegiatan UNEJ Career Expo 2022 mendapatkan apresiasi, salah satunya dari Wakil Rektor III Universitas Jember yang menyampaikan pidato pembukaan. Menurut Prof. Bambang Kuswandi, semua perguruan tinggi memiliki kewajiban menyiapkan lulusannya memasuki dunia kerja. Bahkan kewajiban ini menjadi salah satu Indikator Kinerja Utama (IKU) di perguruan tinggi yang sudah ditetapkan oleh Ditjen Dikti Kemendikburistek. Perguruan tinggi yang mampu menyiapkan lulusan siap kerja dan terserap dunia kerja dinilai sebagai perguruan tinggi yang baik.

“Semua perguruan tinggi diharapkan memenuhi delapan Indikator Kinerja Utama, diantaranya lulusannya mendapatkan pekerjaan layak maksimal enam bulan setelah lulus dengan gaji 1,2 di atas Upah Minimum Regional. Oleh karena itu saya berharap kegiatan UNEJ Career Expo 2022 tidak hanya menjadi jembatan antara perguruan tinggi dan dunia kerja semata. Namun Universitas Jember juga akan mendapatkan masukan dari perusahaan, tentang profil lulusan yang dibutuhkan, kemampuan lulusan yang diharapkan hingga dinamika di dunia kerja sebab perguruan tinggi harus tetap terkoneksi dengan dunia kerja,” jelas Prof. Bambang Kuswandi yang hari itu didampingi Wakil Rektor I dan II membuka acara. Hadir pula Ketua LP3M, Albert Talampessy dan Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M), Prof. Yuli Witono.

Sementara itu Human Capital Business Partner Specialist PT. BFI Finance Tbk, wilayah Jawa Timur-Bali, Fathur Amirul mengungkapkan, pihaknya berencana merekrut minimal sepuluh tenaga baru melalui UNEJ Career Expo 2022 ini. Para rekrutmen baru ini akan dipersiapkan dalam program Management Trainee yang diproyeksikan bakal menjadi manajer di masa depan di PT. BFI Finance Tbk. Sebagai perusahaan pembiayaan, Fathur Amirul menjadikan kemampuan berkomunikasi, sanggup bekerja dalam tim, piawai bernegosiasi dan mampu melayani pelanggan sebagai persyaratan utama seorang pelamar. “Kami tidak mewajibkan pelamar harus berpendidikan jurusan tertentu, namun pelamar yang memiliki pengalaman aktif berorganisasi saat kuliah menjadi nilai tambah, sebab biasanya mereka sudah terbiasa mengorganisir kegiatan dan melayani orang,” ungkap Fathur Amirul.

Pentingnya memiliki pengalaman berorganisasi dan atau aktif di organisasi kemahasiswaan diakui juga oleh Inneke Rahayu Sulistyowati yang siang itu turut hadir di UNEJ Career Expo 2022. Lulusan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) tahun 2022 ini percaya diri memasukkan lamaran ke beberapa perusahaan. Apalagi semasa kuliah dulu, Inneke aktif di Badan Eksekutif Mahasiswa FKM dan Komunitas Mahasiswa Peduli HIV/AIDS FKM hingga aktif di Paduan Suara FKM. “Sambil membuat CV yang menarik, saya juga mencari informasi mengenai profil perusahaan yang ikut dalam UNEJ Career Expo 2022 agar saat wawancara kerja nanti lebih siap,” tutur Inneke. (iim)