Jumat, 26 April 2024
Perguruan Tinggi

Tingkatkan Kualitas SDM UNIMED Terima Kunjungan Kerjasama Dengan UTM

Tingkatkan Kualitas SDM UNIMED Terima Kunjungan Kerjasama Dengan UTM

Medan – Universitas Negeri Medan (UNIMED) dan Universitas Trunojoyo Madura (UTM) resmi menjalin Kerjasama. Mufakat kerjasama antara dua Universitas ini ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) oleh Kedua Rektor.
Dalam Kesempatan yang sama juga disejalankan dengan Kunjungan Monev MBKM Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Oudbound Tahun 2022 di Universitas Negeri Medan, Senin (28/11).
Pendantanganan kedua Perguruan Tinggi dilaksanakan di Ruang Inheren Lantai 2 Gedung Pusat Administrasi Unimed. Kerjasama yang dijalin merupakan kerjasama dalam rangka mengimplementasikan Tridharma Perguruan Tinggi (Pembelajaran-Penelitian-Pengabdian) serta dalam rangka mensukseskan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Rektor Unimed, dalam hal ini diwakili Wakil Rektor I Dr. Restu, MS. dalam sambutannya mengucapkan apresiasi dan terima kasih atas inisiasi jalinan kerjasama yang dilakukan oleh UTM kepada UNIMED.
Dirinya mengharapkan komunikasi yang telah dijalin dapat terus berjalan, sehingga Unimed dan UTM dapat bersinergi. Baik dalam kerjasama yang telah disepakati maupun kerjasama lainnya.
“Dengan adanya MoU ini kami berharap kita bisa saling men-support saling bersinergi satu sama lain. Dan tujuannya tidak lain adalah untuk meningkatkan kualitas SDM yang ada di kedua Perguruan Tinggi yakni Unimed dan UTM”, ucap Wakil Rektor I Unimed dalam sambutannya. “Mari bersama-sama kita sukseskan program Tridharma Perguruan Tinggi dan MBKM ini, Semoga kita bisa berkolaborasi dan bersinergi dengan baik”, tutupnya diakhir sambutan.

Senada dengan hal tersebut Rektor UTM yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dalam sambutannya mengatakan bahwa UTM akan terus meningkatkan kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi serta menjalankan dan mensukseskan program MBKM.
“UTM akan memastikan bahwa kita tidak hanya sebatas MoU, tetapi kita memiliki goal bersama yakni menjadikan SDM kita SDM yang unggul, dapat bermanfaat untuk masyarakat bahkan di dunia”, ucap Dr. Deni Setya Bagus Yuherawan.
Selain itu, Dr. Deni Setya menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak Unimed, Ia mengatakan sangat senang dan berbangga Mahasiswa UTM di terima dan dapat melaksanakan Pertukaran Mahasiswa Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) ini di Universitas Negeri Medan. “Kedatangan kami di sini sekaligus untuk monitoring dan evaluasi (monev) mahasiswa kami yang menempuh perkuliahan di Unimed, dalam rangka mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka”.

Program MBKM bertujuan untuk mendorong mahasiswa menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia kerja melalui kegiatan pembelajaran di luar program studi dan kampusnya. Disamping itu kegiatan monev menjadikan bahan pertimbangan guna memperbaiki proses pelaksanaan kegiatan, guna memberi masukan kepada pimpinan prodi, fakultas maupun perguruan tinggi sejauh mana program studi telah mampu mengimplementasikan program Center of Excellence MBKM.
Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Rektor IV Prof. Manihar Situmorang, M.Sc., Ph.D, Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan Yan Azhari, SE., M.Pd, beberapa staff Wakil Rektor Unimed, dan staff Wakil Rektor UTM.(Humas Unimed/js)