Jumat, 26 April 2024
Perguruan Tinggi

Petinggi Badan Intelijen Negara Wisuda Doktor di Unpas

Petinggi Badan Intelijen Negara Wisuda Doktor di Unpas

[vc_row][vc_column][vc_single_image image=”57625″ img_size=”large” add_caption=”yes” alignment=”center”][vc_column_text]BANDUNG, unpas.ac.id – Direktur 24 (area Sulawesi dan Nusa Tenggara), Deputi Bidang Intelijen Dalam Negeri, Badan Intelijen Negara (BIN) Brigjen TNI Dedy Agus Purwanto resmi menyandang gelar Doktor Ilmu Sosial. 

Meski kini menduduki jabatan strategis, namun dirinya terdorong merampungkan studi S3 untuk memperluas wawasan di samping pendidikan kemiliteran dan infanteri yang jadi keahliannya.

Ia dilantik bersama 223 wisudawan program Pascasarjana pada Wisuda Universitas Pasundan Gelombang I TA 2022/2023 yang digelar di Harris Hotel and Convention, Festival Citylink, Bandung, Selasa (6/12/2022).

Perwira tinggi TNI AD kelahiran Manado ini lulus dengan predikat cumlaude setelah mempertahankan disertasi berjudul Strategi Public Private Partnership Berbasis Koordinasi Sektor Publik dalam Proyek PLTP Patuha Unit 2 Kabupaten Bandung.

Sidang senat terbuka Wisuda Gelombang I Universitas Pasundan TA 2022/2023. (Foto: Rico B)

Selama 3,5 tahun menempuh studi doktoral di Unpas, ia mengaku bangga karena dipertemukan dengan individu dari latar belakang dan pola pikir yang berbeda-beda. 

Hal itu membuatnya belajar untuk saling menghargai, memperluas relasi, dan bertukar pikiran dengan rekan sejawat maupun civitas akademika Pascasarjana Unpas.

“Saya mendapat pengalaman luar biasa. Saya kembali dilatih untuk membangun akhlak dan mengabdikan diri melalui penelitian. Tentunya keberhasilan saya tidak lepas dari dukungan dan bimbingan dosen, serta guru besar Pascasarjana Unpas,” tuturnya.

Jenderal bintang satu yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala BIN Daerah Jawa Barat ini mengajak seluruh wisudawan untuk menjaga nama baik almamater, serta turut berperan aktif dalam kegiatan Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Unpas.

“Tanggung jawab moral atas gelar yang disematkan semakin berat. Ilmu yang kita miliki akan terus ada sepanjang hidup, jadi jangan cepat berpuas diri karena ini hanya awal dari perjalanan panjang yang akan ditempuh,” pesannya

Ia berharap, rekan-rekannya di jajaran TNI AD juga bisa bergabung untuk studi lanjut di Pascasarjana Unpas. 

“Unpas sudah terakreditasi A dan sekarang menuju unggul. Saya yakin, ilmu yang diberikan betul-betul membawa dampak positif ke depannya,” tandasnya. (Reta)**[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]