Senin, 29 April 2024
Perguruan Tinggi

FKIP UNTAN Bentuk Karakter Kepemimpinan Mahasiswa Era Digital melalui Kegiatan Pramuka

FKIP UNTAN Bentuk Karakter Kepemimpinan Mahasiswa Era Digital melalui Kegiatan Pramuka

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura (FKIP UNTAN) menyelenggara Kursus Orientasi Pramuka untuk Mahasiswa FKIP Angkatan 2020 dengan tema Pembentukan Karakter Kepemimpinan Mahasiswa di Era Digital melalui kegiatan Pramuka, Yang dilaksanakan Di Gedung Kuliah Bersama UNTAN, pada Sabtu 10 Desember 2022.

Pada kegiatan Pramuka FKIP UNTAN kali ini, pemateri Kwartir Daerah memberikan materi orientasi kursus dan dinamika kelompok, Fundamental gerakan Pramuka : Undang-undang Gerakan Pramuka, Prinsip dasar kepramukaan, Metode kepramukaan. Selain itu pula dijelaskan terkait Peran, Tugas dan Fungsi Anggota dewasa dalam Gerakan Pramuka serta studi kasus.

Dekan FKIP UNTAN, Dr. Ahmad Yani T, M.Pd memberikan arahan dalam sambutannya

Dekan FKIP UNTAN, Dr. Ahmad Yani T, M.Pd menyampaikan dengan semangat, menyerukan kata Pramuka lalu menyuruh mahasiswa menjawab dan mengilhaminya dengan kata “Bisa, bisa, bisa”. Kata bisa yang menurutnya dapat menjadi kepanjangan kata Berkah, Inovatif, Sabar, dan Amanah.

Penyematan simbolis kepada peserta Pramuka tanda dimulainya kegiatan

Ahmad Yani menyampaikan Dalam kursus ini mahasiswa diajarkan kemampuan yang meliputi aspek Kognitif, Psikomotorik, serta Afektif. Dirinya juga berharap kursus Orientasi Pramuka ini dapat membentuk Mahasiswa menjadi orang yang baik hati dan tidak malas.

Peserta Kegiatan Pramuka Mahasiswa Angkatan 2020

Pada kegiatan itu juga digelar upacara pembukaan dan penutupan serta dilakukan Formasi Baris berbaris yang membentuk Tulisan FKIP UNTAN AKT 20.