Sabtu, 27 April 2024
Sekolah Menengah Pertama

MTsN 2 BOYOLALI GOES TO MALANG 2022

 

Boyolali – Selasa, 13 Desember 2022, MTs N 2 Boyolali menyelenggarakan study tour ke Malang, Jawa Timur. Sejumlah 6 bus,  panitia dan seluruh siswa kelas 8 berjumlah 258 berangkat ke Malang dengan 2 destinasi, yaitu Jatim Park 1 dan Museum Angkut. Kegiatan Tour ini dimaksud untuk menambah wawasan para siswa tentang ilmu pengetahuan dan agar dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik MTsN 2 Boyolali khususnya kelas VIII (delapan), selain itu juga sebagai sarana refreshing bagi peserta didik.

Sebelum goes to Malang Senin pagi, 12 Desember 2022 peserta study tour di kumpulkan di Masjid MTsN 2 Boyolali untuk diberi pembekalan serta pembagian kaos seragam. Dalam pembekalan, pesan yang disampaikan oleh Panitia, antara lain bahwa study tour tidak hanya bermakna rekreasi, senang-senang, atau hiburan semata. Akan tetapi, harus dimaknai sebagai proses pembelajaran sehingga menambah wawasan dan rasa syukur dengan nikmat keindahan alam yang luar biasa yang Tuhan ciptakan.  Seluruh rombongan diharapkan untuk menjaga sopan santun selama perjalanan dan selama di lokasi. Rombongan juga harus menghargai kearifan lokal (local wisdom) di sana, tidak boleh siapapun bersikap semau sendiri.

Sebelum menuju ke bus masing-masing, seluruh rombongan melakukan sholat safar sebagai wujud pembelajaran kepada segenap Panitia  dan siswa serta sebagai upaya memohon keselamatan dan kelancaran  perjalanan ke Malang. Setalah sholat, ada doa bersama dan pengecekan peserta dari panitia.

Study Tour di awali dengan kunjungan di pusat oleh-oleh Malang “Brawijaya” sekaligus sebagai tempat transit ibadah sholat shubuh dan sarapan. Sekitar jam 08.30 perjalanan dilanjutkan ke Jatim Park 1  atau Jawa Timur Park 1 yang merupakan salah satu taman wisata rekreasi andalan kota Malang yang sukses menggaet para wisatawan dalam kota maupun luar kota. Jatim Park ini berkonsep wahana rekreasi yang dipadukan dengan edukasi, sehingga anak anak bisa bermain dan sekaligus belajar. Jatim Park 1 yang seluas 11 hektar itu menyediakan miniatur peristiwa sejarah dan kebudayaan Indonesia. Salah satu miniatur bersejarah adalah rumah Sunan Giri dan Sumpah Pemuda. Berbagai khazanah kebudayaan Indonesia ditempatkan di Galeri Budaya yang disebut Galeri Etnik Nusantara (GEN). Galeri ini menampilkan kebudayaan seperti wayang, patung, rumah tradisional papua, dan gong. Jatim Park 1 juga memiliki banyak sekali wahana permainan dan tempat tempat seru lainya sehingga pengunjung tidak akan bosan dengan tempat wisata yang begitu-begitu saja. Banyak sekali wahana-wahana seru yang terdapat di Jatim Park diantaranya Superman Coaster, Sky Ride, Waterboom, Volcano Coaster, Flying Tornado dan masih banyak lagi yang lainnya. Disediakan juga tempat pembelajaran untuk para pengunjung berupa expo buku dan juga aplikasi media pembelajaran.

Rombongan MTsN 2 Boyolali Memanfaatkan fasilitas dan hiburan di Jatim Park 1 dengan antusias, mereka menyempatkan menyambangi hampir semua tempat belajar dan bermain itu dengan gembira.  “Bagus sekali wahana di sini, tidak hanya tempat bermain tetapi juga tempat belajar” Kata Daffa salah satu peserta study tour kelas 8a.

Tidak kalah dengan Jatim Park 1, di Museum Angkut sebagai destinasi study tour berikutnya, rombongan juga diberikan tambahan ilmu pengetahuan . Museum angkut yang menyuguhkan berbagai pengetahuan seputar macam-macam transpotasi dari jaman dulu hingga sekarang dari berbagai belahan dunia. Tata letak museum pun dibuat khusus seperti taman bermain sehingga pengunjung yang datang tidak akan bosan. Museum Angkut merupakan taman bermain tematik kendaraan yang termasuk bagian dari Jatim Park Group. Museum ini pertama kali dibuka untuk umum di tahun 2014 dan langsung menarik perhatian. Museum Angkut bisa dibilang menjadi salah satu wisata edukasi terbaik di kota Batu. Itu terbukti karena museum ini memiliki zona edukasinya sendiri. Di zona ini para pengunjung akan dijelaskan bagaimana transportasi berkembang hingga era sekarang. Museum Angkut juga mempunyai flight simulator, di mana para pengunjung bisa merasakan menjadi seorang pilot untuk menerbangkan pesawat. Tampilannya pun dibuat semirip mungkin dengan kabin pesawat agar terkesan nyata. Museum angkut kini setidaknya sudah memiliki lebih dari 500 koleksi sejak dibuka pada tahun 2014 lalu. Beragam jenis transportasi dari yang tradisional sampai modern menjadi pameran dalam museum ini. Mulai dari motor, mobil, bahkan pesawat pun ada di Museum Angkut. Salah satu koleksi tertua dari museum ini adalah Buick Model 10 Toy Tonneau asal Amerika Serikat yang merupakan mobil generasi kedua dari jenisnya. Mobil tersebut juga telah menjadi daya tarik utama bagi museum untuk saat ini. Selain memiliki zona edukasi, Museum Angkut juga memiliki zona perkotaan yang terbagi-bagi dalam beberapa arsitektur. Mulai dari zona Uni Eropa, zona Amerika, zona China, hingga zona Batavia dan Sunda Kelapa. Atraksi tersebut tentunya akan membuat para pengunjung berkeliling dunia dalam beberapa langkah. vibes luar negerinya memang cukup terasa di zona ini.Tak hanya dikenal sebagai museum kendaraan saja, Museum Angkut juga memiliki koleksi topeng-topeng di dalam D’topeng Kingdom. D’topeng Kingdom yang masih terletak di kawasan Museum Angkut ini memamerkan banyak topeng yang berasal dari Kerajaan-kerjaan di penjuru Nusantara.

Setelah lelah berkeliling area museum angkut, jam 5 sore rombongan melanjutkan perjalanan pulang ke Boyolali. Selasa sekitar jam 23.45 malam semua rombongan kembali kepada keluarga masing-masing dengan selamat. Semoga dengan diadakan study tour ini dapat menambah wawasan peserta didik tentang ciptaan Alloh yang begitu indah dan dapat mengoreskan kenangan indah tersendiri dalam sejarah perjalanan kehidupan semua peserta didik kelas 8.

“Alhamdullillah, Acara goes to Malang 2022 berjalan dengan lancar”, ujar Nur Hasan, KAMAD  MTs N 2 Boyolali. Kemudian Ia menambahkan bahwa sepulang dari Malang, siswa secara berkelompok diberi tugas untuk menyusun karya tulis terkait study tour tersebut dan ada lomba pembuatan video pendek dengan hadiah yang sangat menarik. (AA)