Sabtu, 27 April 2024
Sekolah Menengah Pertama

Pradnyasiwi Raih Juara 1 Computational Thinking Bebras Challenge 2022

Pradnyasiwi Raih Juara 1 Computational Thinking Bebras Challenge 2022

Foto : Para siswa SMP Negeri 4 Pakem saat mengikuti Tantangan Bebras (Bebras Challenge) 

Pada tanggal 9 November 2022 sebanyak 96 siswa SMP Negeri 4 Pakem turut meramaikan Tantangan Bebras (Bebras Challenge). Tantangan Bebras adalah sebuah ajang yang dilaksanakan setahun sekali sesuai jadwal pekan bebras (Bebras Week), di seluruh dunia oleh anggota komunitas Bebras Internasional di negara masing-masing. Tantangan Bebras Indonesia adalah ajang kesempatan bagi siswa Indonesia untuk menunjukkan kemampuan berpikir komputasi (Computational Thinking) secara sukarela, mandiri, dengan cara yang menyenangkan, penuh kejujuran dan kegembiraan bersama siswa lain di seluruh dunia. Tantangan yang diberikan terkait informatika dalam kehidupan sehari-hari namun dikemas secara menarik. Lewat Tantangan Bebras, siswa diajak membangun ketrampilan berpikir untuk menyelesaikan persoalan. Jadi, tantangan Bebras bukan lomba sekedar untuk menang tetapi yang lebih penting adalah untuk belajar berpikir dan menyelesaikan persoalan.

Negara yang sudah berpartisipasi mengikuti Bebras ada lebih dari 55 negara. Pada tahun 2018, jumlah peserta yang mengikuti Bebras Challenge mencapai lebih dari 2,75 juta siswa dari berbagai belahan dunia. Sedangkan pada tahun 2022, di Indonesia sendiri total ada sebanyak 13.760 peserta yang ikut berpartisipasi.

Soal-soal yang disajikan melatih kemampuan problem solving siswa karena tidak ada soal yang berbentuk hafalan. Soal-soal tersebut dapat dijawab tanpa perlu belajar informatika terlebih dahulu, namun sebetulnya terkait pada konsep tertentu dalam informatika dan computational thinking. Siswa dapat memilih sendiri soal disajikan dalam Bahasa Inggris atau Bahasa Indonesia ketika pendaftaran. Di bagian atas setiap soal, terdapat lambang bendera asal negara yang menyusun soal di nomor tersebut. Jadi soal-soal yang diujikan juga berasal dari berbagai negara.

Equator Levian sebagai juara 1 Tantangan Bebras Nasional

Dari 13.760 peserta seIndonesia, sebanyak 24 Pradnyasiwi berhasil memperoleh nilai di atas 50. Bahkan Equator Levian Tambing Hutabarat, siswa kelas 7D ini berhasil memperoleh nilai sempurna yaitu 100 dan mendapatkan juara 1 se-Nasional kategori Penggalang. Tentu pencapaian ini buah dari kerja keras para siswa dan para guru dan tak luput dari sistem pembelajaran di SMP Negeri 4 Pakem yang selalu mengedepankan berpikir kritis dan mengajak siswa memecahkan masalah. Seperti lambang Bebras, yaitu hewan berang-berang, SMP Negeri 4 Pakem akan terus menunjukkan kerja keras dan kecerdasan karena keduanya diperlukan di dalam kehidupan.