Senin, 20 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Pelatihan Bahasa Arab Bagi Alumni

Pelatihan Bahasa Arab Bagi Alumni

Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin (UIN STS) Jambi menggelar pelatihan Bahasa Arab bagi Alumni selama 12 hari, 1-12 November 2021. Menghadirkan Narasumber berkompeten, antara lain, Sulhi M. Daud, Lc.,M.H, H. Izzat, M. Daud, Lc.,MA., dan Zulpadli, Lc.

Menurut Kepala Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. H. A. Munir, MA, interaksi dengan native speaker penting dalam meningkatkan kemampuan Bahasa Arab.

“Hasil yang diperoleh tentu akan berbeda, jika pelatihnya adalah native speaker. Alumni harus memanfaatkan hal tersebut,” kata Munir saat membuka pelatihan tersebut di aula PBA kampus II UIN STS Jambi, Senin (01/11/2021).

Munir menambahkan, saat ini UIN STS Jambi sudah menerapkan paradigma transintegrasi ilmu, yaitu melahirkan ulama yang saintis dan saintis yang agamis. “Sebagai alumni jangan hanya terbatas pada kemampuan Pendidikan dasar saja, terus kembangkan,”ungkapnya.

Mahasiswa harus memasang target tinggi dalam pencapaian cita-cita. Alumni UIN STS Jambi harus lebih unggul dari yang lainnya.

Pelatihan ini tak lepas dari program besar UIN STS Jambi, yang mewajibkan alumni menguasai Bahasa Arab maupun Bahasa asing lainnya .

Diharapkan dengan pelatihan ini, alumni dapat menambah kemampuan Bahasa Arab. “Bagi alumni yang ingin melanjutkan Pendidikan S2 ke negara-negara Arab, tentu pelatihan ini  menjadi modal dasar mereka,”jelas Izzat M. Daud, Kepala UPT Pengembangan Bahasa UIN STS Jambi diruang kerjanya.

Pelatihan ini diikuti oleh 30 peserta, yang merupakan alumni dari seluruh fakultas di lingkungan UIN STS Jambi.

Pelatihan Bahasa Arab Bagi Alumni