Rabu, 08 Mei 2024
Sekolah Menengah Atas

Penyuluhan Kesehatan Tentang Tindak Kekerasan dan Bulliying di Muhiska

Peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah 1 Surakarta mengikuti penyuluhan kesehatan Rabu, (12/04/2023). Kegiatan Baitul Insan Kamil oleh Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta memberikan pengertian mengenai Kekerasan pada Remaja dan Bullying di Lingkungan Sekolah yang dapat berdampak pada kesehatan serta cara penanganannya.

Kegiatan tersebut diisi oleh Dokter Muda Program Profesi Universitas Muhammadiyah Surakarta yang dibimbing oleh dr.Busyra, M.Sc. Latar belakang dari penyuluhan ini adalah maraknya tindak kekerasan dan bullying yang dilakukan remaja.

Dalam kegiatan ini, peserta didik diberikan paparan video kasus kekerasan dan bullying yang sedang marak terjadi. Peserta didik juga diajak untuk melakukan analisis mengenai contoh kekerasan baik secara terang-terangan maupun simbolik. Penjelasan mengenai dampak fisik, psikis, sosial, dan akademik dari tindak kekerasan dan bullying juga dipaparkan.

Pemateri memaparkan”Langkah-langkah pencegahan seperti memahami pengertian dan dampak kekerasan, bagian tubuh mana yang boleh dan tidak boleh disentuk oleh orang lain, sebab terjadinya kekerasan dan bullying, hingga cara bereaksi jika menjadi korban maupun teman korban” ujar Aulia Nisa. Peserta mengikuti paparan dengan antusias bahkan menanyakan jika saat melihat orang lain yang mengalami tindak kekerasan dan bullying.

Pemateri memberikan poster untuk ditempel dan mengajak peserta didik untuk membagikan informasi pada penyuluhan yang diadakan. Hal ini dilakukan dengan harapan peserta didik dan lingkungan sekolah dapat merdeka dari tindak kekerasan serta bullying.

Semoga dengan adanya penyuluhan kekerasan pada remaja dan bullying di lingkungan sekolah dari Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta menjadikan SMA Muhammadiyah 1 Surakarta sebagai sekolah bebas kekerasan dan bulliying.