Jumat, 26 April 2024
Perguruan Tinggi

Hadirkan 5 Pebisnis Top Jambi, UNJA Gelar Bimtek Bagi 115 Proposal yang Lolos PMW 2023

Hadirkan 5 Pebisnis Top Jambi, UNJA Gelar Bimtek Bagi 115 Proposal yang Lolos PMW 2023

MENDALO,- Universitas Jambi (UNJA) melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Realisasi Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) Tahun 2023. Kegiatan tersebut berlangsung secara hybrid pada hari Kamis (11/5/2023) di Ruang Peradilan Semu Fakultas Hukum dan melalui Zoom Meeting.

Rektor UNJA yang diwakili Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Ir. Teja Kaswari, M.Sc., membuka secara resmi Bimtek Realisasi PMW 2023. Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua PMW UNJA, Dr. Shofia Amin, S.E., M. Si.; Kepala BAK UNJA, Dr. Yatno, S.Pt., M.Si.; para Wakil Dekan III setiap fakultas, perwakilan PTS yang ada di Jambi, dan puluhan mahasiswa yang dinyatakan lolos proposal tahap 1.

Ketua PMW UNJA, Dr. Shofia Amin, S.E., M. Si., meyampaikan laporan perkembangan terhadap kegiatan PMW UNJA yang sudah masuk ke tahap 4.

“Kegiatan PMW tahun ini sudah masuk pada tahap ke 4, sebelumnya ada 3 tahapan yang telah dilalui mulai dari sosialisasi, penerimaan proposal, dan review awal. Proposal tahun 2023 ini menjadi rekor terbanyak, sebanyak 256 proposal masuk yang melampaui proposal tahun lalu yang hanya 130 proposal. Proposal terbanyak berasal dari FKIK serta disusul 54 proposal dari FST dan 54 proposal dari FEB. Stelah tahap review awal, didapati 115 proposal yang lolos. Proposal yang lolos tersebut paling banyak dari bidang kuliner. Namun perlu ditekankan bahwa proposal lolos tahap 1 belum bisa dijamin untuk didanai, setelah Bimtek akan diseleksi kembali. Namun semua proposal tahap 1 sudah dapat dinyatak layak untuk membuka usaha,” jelas beliau.

Dr. Ir. Teja Kaswari, M.Sc. ketika membuka kegiatan memberi apresiasi terhadap pelaksanaan PMW UNJA pada tahun ini dan berharap para mahasiswa bisa memanfaatkan sebaik-baiknya peluang menjadi entrepreneurship.

“Selamat kepada ketua PMW, ibu Shofia, yang sudah melaksanakan sampai pada tahapan BIMTEK hari ini. PMW ini selalu menjadi tagihan kementerian yang setiap tahunnya diharapkan ada 300an mahasiswa yang berwirausaha. Tujuan PMW ini menumbuhkan jiwa entrepreneurship mahasiswa, tidak benar rasanya jika hanya membranding produk yang sudah ada. Dengan anggaran yang cukup besar, sebesar 10-15 juta per kelompok usaha, UNJA berharap mahasiswanya benar-benar menjadi entrepreneruship yang tangguh. Jika bisa berlanjut ke semester atas, maka bisa menjadi PMW dengan dana yang berkisar 20-25 juta per kelompok usah. Manfaatkan sebaik-baiknya PMW ini dan diikuti PWM untuk mengembangkan jiwa wirausaha mahasiswa,” ujar Dr. Teja.

Bimtek tersebut diisi oleh 5 pemateri, antara lain: Mohammad Adli S.Pt. (Owner PT. Usaha Tiga Bintang), Riko Mappedeceng, S.E., M.M. (Owner Temphoyac & Kopi Broyat), Abdul Hamid S.Pd. (Owner Campus Store JASA), Candra Lela (Owner Madu CLB PT. Cpta Lebah Berkah), Selly Fibtianty (Ketua Asosiasi UKM Prov Jambi, dan Alkautsar Maulana Ibnu Assabil (Owner Service dan Jual Beli Laptop).

Dimas Anugrah Adiyadmo / HUMAS