Sabtu, 27 April 2024
Perguruan Tinggi

UII Jalin Kerja Sama dengan Pemprov Riau

UII Jalin Kerja Sama dengan Pemprov Riau

Guna memperluas kemitraan di berbagai bidang, Universitas Islam Indonesia (UII) jalin kerja sama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau. Kerja sama antara UII dan Pemprov Riau dijalin dengan melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) pada Senin (29/5) di Gedung Kuliah Umum (GKU) Prof. Dr. Sardjito UII. Penandatanganan MoU antara UII dan Pemprov Riau ini turut dihadiri oleh Gubernur Riau, Drs. H. Syamsuar, M.Si. dan Rektor UII, Prof. Fathul Wahid, S.T., M.Sc., Ph.D.

Melalui sambutannya, Prof. Fathul Wahid menekankan pentingnya kebermanfaatan bagi masyarakat luas dalam tiap-tiap kerja sama yang terjalin. “Kami berharap kerja sama yang kita tandatangani dengan beberapa mitra tidak hanya berhenti dalam bentuk dokumen, tapi betul-betul bisa dilaksanakan, memberikan manfaat, tidak hanya untuk kedua lembaga, tetapi lebih untuk khalayak, untuk konteks yang lebih luas lagi,” ungkap Prof. Fathul Wahid.

Disampaikan Prof. Fathul Wahid, Riau merupakan salah satu provinsi yang tiap tahunnya banyak mengirimkan siswa untuk berkuliah di UII. “Setiap tahun kira-kira ada 250-300 lulusan SMA di Riau yang berkuliah di Universitas Islam Indonesia, jadi sejak 2018 sampai hari ini ada 1.500-an, banyak sekali Pak Gubernur,” ucapnya.

Banyaknya alumni yang tersebar di berbagai sektor dinilai Prof. Fathul Wahid sebagai salah satu langkah untuk memperluas peran terhadap masyarakat. “Saya melihat berbagai informasi juga banyak alumni UII yang juga aktif di beragam sektor di Provinsi Riau, baik di sektor swasta maupun di sektor pemerintah, dan kita berharap bahwa alumni yang kita anggap sebagai anak panah yang dilesatkan dari busur UII itu jatuh di tempat yang tepat untuk menebar manfaat, untuk meninggalkan jejak dan membuat perubahan di tengah-tengah masyarakat,” sambungnya.

Terakhir, Prof. Fathul Wahid berharap adanya kerja sama yang terjalin dapat memberikan manfaat bagi kedua belah pihak. “Kita berharap apa yang kami lakukan, dengan dukungan kerja sama dengan banyak pihak, juga akan semakin lebat manfaatnya, dan untuk itu sekali lagi terima kasih Pak Gubernur untuk kerja sama berdiri di sini. Kita semua berharap ini akan bertumbuh dan berkembang, dan insya Allah kita akan memetik buahnya bersama-sama,” pungkasnya.

Sementara Drs. H. Syamsuar dalam sambutannya mengatakan bahwa mayoritas anak rantau Riau berkuliah di Pulau Jawa, khususnya Jogja. “Anak Riau memang banyak kuliah di Jawa, selain dari Riau sendiri mereka keluarnya lebih banyak di Jawa, jadi karena itu memang kami tentunya sangat berharap dengan adanya kerja sama ini tentunya masih banyak lagi nanti anak-anak Riau yang kuliah di sini,” jelas Drs. H Syamsuar.

Selain itu, melalui kerja sama ini Pemprov Riau berharap akan ada kemudahan dalam memberikan subsidi beasiswa terhadap mahasiswa yang berasal dari Riau di Jogja. “Dengan adanya kerja sama, tentunya ada kemudahan-kemudahan untuk mengadakan suatu peningkatan, baik untuk membantu mahasiswa dan yang lain,” lanjutnya.

Terakhir, menurut Drs. H. Syamsuar upaya kerja sama ini merupakan bagian dari peningkatan SDM Riau agar dapat bersaing dengan daerah lain di Indonesia. “Menjadi komitmen kami dalam rangka peningkatan kualitas SDM ini agar Riau nanti siap berdaya saing,” tutupnya. (JR/ESP)