Jumat, 26 April 2024
Perguruan Tinggi

UNJ gelar Kejuaraan Petanque antar Dosen Perguruan Tinggi Se-Indonesia dalam rangka Dies Natalis UNJ Ke-59 Tahun

UNJ gelar Kejuaraan Petanque antar Dosen Perguruan Tinggi Se-Indonesia dalam rangka Dies Natalis UNJ Ke-59 Tahun

Humas UNJ, Jakarta-bertempat di Lapangan Petanque Kampus B Fakultas Ilmu keolahragaan Universitas Negeri Jakarta (FIK UNJ) berlangsung Kejuaraan petanque antar Dosen Perguruan Tinggi se-Indonesia. Kegiatan yang dilaksanakan pada 2—3 JUni 2023 dalam rangka memperingati Dies Natalis UNJ Ke-59 Tahun. kejuaraan ini mempertandingkan dua nomor, yakni nomor double eksekutif dan nomor double open.

Adapun Perguruan Tinggi yang mengikuti kejuaraan ini berjumlah 9 dan berasal dari berbagai wilayah di Indonesia, diantaranya adalah Universitas Negeri Jakarta, Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA), Universitas Aisyah Pring Sewu, Universitas Teknokrat Indonesia, Universitas Islam 45 Bekasi, Universitas Negeri Gorontalo (UNG), Universitas Siliwangi, Universitas Negeri Medan, dan Universitas Haluoleo. Nomor double eksekutif diikuti sebanyak 7 tim dan nomor double open diikuti sebanyak 17 tim.

Pada kejuaraan ini, UNJ pada nomor double eksekutif mengirimkan dua tim. Tim pertama yaitu Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan alumni, Dr. H. Abdul Sukur berpasangan dengan Wakil Dekan I Bidang Akademik FIK, Prof. Ramdan Pelana. Tim kedua, yaitu Ketua Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M), Prof.  Muhammad Zid, berpasangan dengan Wakil Dekan II FIK UNJ, Dr. Taufik Rihatno. Sementara itu dari  Perguruan Tinggi lain yang juga sebagai peserta dalam kejuaraan ini, juga mengirimkan pimpinan dari Perguruan Tinggi Mereka seperti dari UNDIKMA pada nomor double eksekutif mengirimkan Rektor UNDIKMA, berpasangan dengan Dekan Fakultas Kedokteran Hewan, sedangkan UNG mengirimkan Dr. Cecy Rahma Karim sebagai dosen di Fakultas Kedokteran sekaligus Ibu Rektor UNG, berpasangan dengan Dekan Fakultas Perikanan dan Kelautan, Dr. Abdul Hafidz Olii. Sementara, di nomor double open, UNJ mengirimkan sebanyak 5 tim

Pembukaan Kejuaraan Petanque antar Dosen Perguruan Tinggi se-Indonesia, dihadiri dan di buka oleh Rektor UNJ Prof. Komarudin beserta Ibu Rektor. Selain itu, dihadiri oleh Sekretaris Jendral PB FOPI Abdul Rozak Wawu, Ketua Harian Dies Natalis UNJ Dr. Widya Parimita  yang mewakili Ketua Dies Natalis UNJ ke-59, Wakil Rektor III UNJ Dr. H. Abdul Sukur, Wakil Dekan I FIK UNJ Prof. Ramdan Pelana, Wakil Dekan II FIK UNJ Dr. Taufik Rihatno, dan Ketua LP3M UNJ Prof. Muhammad Zid

Pada sambutan pembukaan Kejuaraan Petanque antar Dosen Perguruan Tinggi Se-Indonesia dalam rangka Dies Natalis UNJ Ke-59 Tahun, Prof. Komarudin berpesan agar UNJ dapat menjadi tuan rumah yang baik, mempersembahkan medali dan agar olahraga petanque dapat dipertandingkan di LPTK serta turnamen petanque antar dosen Perguruan Tinggi se-Indonesia dapat terus dilaksanakan secara rutin.

foto para juara double eksekutif

Wakil Rektor III UNJ Dr. Abdul Sukur, M.Si., yang juga turun dalam nomor eksekutif menyampaikan harapan agar turnamen petanque antar dosen dapat terus diadakan, baik home tournament maupun tournament antar dosen perguruan tinggi, karena mudah dimainkan dan dapat diikuti seluruh dosen.

Hasil dari Kejuaraan Petanque antar Dosen Perguruan Tinggi Se-Indonesia, pada nomor double eksekutif, Juara pertama diraih oleh UNDIKMA yaitu pada pasangan Rektor UNDIKMA Prof. Kusno, dengan pasangannya yakni, Dr. Kholik, yang telah berhasil mengalahkan pasangan dari UNJ, yaitu Dr. Abdul Sukur dan Prof. Ramdan Pelana dengan skor akhir 13:12, sehingga pasangan UNJ harus puas dengan menjadi Juara 2.

Disusul dengan juara 3 bersama pada nomor double eksekutif diraih oleh pasangan dari UNJ, Prof. Muhammad dan Dr. Taufik Rihatno, serta pasangan dari Universitas Islam 45 Bekasi, Dr. Aningsih dan Yudi Budianti, M.Pd.

Sementara, pada nomor double open, Juara pertama di menangkan oleh Universitas Pendidikan Mandalika, Juara kedua Universitas Negeri Medan, dan Juara 3 bersama yaitu Universitas Siliwangi, dan UNG. UNJ sebagai tuan rumah dalam kejuaraan ini, berhasil membawa 2 mendali, yaitu 1 mendali perak, dan 1 mendali perunggu.