Jumat, 10 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Lantik 1.377 Wisudawan, Rektor Unimed : Saat ini Era Kemampuan Skill

Lantik 1.377 Wisudawan, Rektor Unimed : Saat ini Era Kemampuan Skill

Rektor Universitas Negeri Medan mewisuda 1377 lulusan pada 22 – 23 Agustus 2023 di Gedung Serbaguna Unimed. Diikuti oleh Senat Universitas, Wakil Rektor, Dekan dan Wakil Dekan, Direktur Pascasarjana, Guru Besar, Kajur dan Sekjur, Kaprodi, Dosen Fungsionaris dan Ribuan Mahasiswa.

Adapun Rektor mengukuhkan Lulusan Program Pascasarjana sebanyak 140 orang, Lulusan Fakultas Ilmu Pendidikan sebanyak 168 orang, Lulusan Fakultas Bahasa dan Seni sebanyak 179 orang, Lulusan Fakultas Ilmu Sosial sebanyak 88 orang, Lulusan Fakutas Matematika dan Ilmu Pegetahuan Alam sebanyak 337 orang, Lulusan Fakultas Teknik sebanyak 155 orang, Lulusan Fakultas Ilmu Keolahragaan sebanyak 106 orang, dan Lulusan Fakultas Ekonomi 204 orang.

Lulusan terbaik pada Wisuda Unimed Periode Agustus 2023 adalah Indah Sari dengan IPK 3,92 dari Prodi S3/Linguistik Terapan Bahasa Inggris, Rini Andriani dengan IPK 4,00 dari Prodi S2/Ilmu Keolahragaan, Putra Irawan Nasution dengan IPK 4,00 dari Prodi S1/Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Siti Alya Jauza dengan IPK 4,00 dari Prodi S1/Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Musthafa Amin Lubis dengan IPK 3,94 dari Prodi S1/Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, Jiki Haposan Damanik dengan IPK 3,70 dari Prodi S1/Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Arif Gunawan dengan IPK 3,96 dari Prodi S1/Pendidikan Kimia, Nurul Fadilah Ardi dengan IPK 3,93 dari Prodi S1/Gizi, Alfredo Nababan dengan IPK 3,43 dari Prodi D3/Teknik Mesin dan Isti Maunida Hanum dengan IPK 3,96 dari Prodi S1/Pendidikan Akuntansi.

Dalam sambutannya, Prof. Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes. menyampaikan selamat kepada wisudawan atas gelar akademik yang diraih sesuai dengan bidang ilmu masing-masing. Ucapan selamat dan terima kasih juga kami disampaikan kepada seluruh orang tua/wali dan keluarga, yang telah mempercayakan pendidikan putra/putrinya kepada Universitas Negeri Medan. Semoga apa yang Saudara raih setelah menempuh serangkaian aktivitas akademik dan non akademik di kampus yang kita banggakan ini, dapat menghantarkan Saudara ke gerbang kesuksesan menyongsong masa depan yang gemilang dan dapat membahagiakan kedua orang tua dan keluarga.

Upacara wisuda yang saudara ikuti ini, bukan menyatakan bahwa masa belajar Saudara telah berakhir. Justru harus Saudara jadikan sebagai titik awal perjuangan baru dalam mengimplementasikan kemampuan dan skill yang sudah Saudara miliki selama studi di Unimed. Gelar akademik dan keahlian yang telah Saudara peroleh, harus menjadi modal utama agar saudara mendapatkan kesempatan yang lebih besar untuk berkiprah, dan berkarya dalam meniti karir untuk meraih kesuksesan hidup. Kami mengajak semua para lulusan yang diwisuda hari ini, agar saudara dapat melanjutkan studi ke jenjang S2 dan S3, untuk mengembangkan dan meningkatkan kompetensi dan skill yang lebih mahir dan profesional, agar semakin dapat berkolaborasi di dunia kerja yang kompetitif. Unimed saat ini telah memiliki 6 Program Doktor, dan 19 Program Magister yang terus berkembang. Melalui acara wisuda yang berbahagia ini, kami mengundang para wisudawan untuk kembali melanjutkan studi pada Program Doktor dan Magister yang ada di kampus kebanggaan kita Universitas Negeri Medan. Alhamdulilah, saat ini Unimed memiliki 82 Program Studi D3, S1/D4, S2, S3 dan Profesi, 61 % sudah terakreditasi A/Unggul. Kami pimpinan akan terus dorong agar secara periodik dan cepat, semua Program Studi di Unimed harus meraih akreditasi Unggul.

Saat ini Universitas Negeri Medan sudah menetapkan berbagai terobosan baru dalam pengembangan dan peningkatan kualitas mutu lulusan, kualitas SDM dosen untuk segera meraih Doktor dan Profesor, dan mempertajam relevansi kurikulum dengan dunia kerja melalui pengembangan kurikulum Outcomes Based Education (OBE) berbasis 5 literasi, yakni literasi data, teknologi, manusia, informasi dan bahasa, dengan menyesuaikan perkembangan era digital dan kebutuhan pasar kerja. Sebagai upaya mempersiapkan lulusan yang handal, bermutu dan mampu bersaing di dunia kerja, serta kita siapkan tahun depan ada beberapa Program Studi yang berhasil memperoleh akreditasi internasional. Kita juga sudah bekerjasama dengan semua pemerintah daerah provinsi dan kabupaten/kota, berbagai dunia industri, dan perusahaan, sebagai wujud mensukseskan Program Pemerintah Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Dalam orasi ilmiah, Ketua Senat Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. menyampaikan selamat kepada para wisudawan semoga segera mendapatkan pekerjaan yang layak, mendapatkan jodoh yang sesuai dan dapat membangga kan kedua orangtua. Penting bagi lulusan untuk menjadi pembelajar tangguh, rajin membaca dan mengubah mindset untuk menciptakan peluang pekerjaan. Wisuda ini merupakan awal dari kehidupan yang sebenarnya. Kita harus bisa survive dengan bangkitkan motivasi diri dan meningkatkan kompetensi dan selalu berinovasi, belajar dengan menerapkan pembelajar sepanjang hayat. Kesuksesan itu ditentukan seberapa besar usaha yang diperoleh, bukan nilai IPK yang diraih saat ini. Justru yang paling menentukan kesuksesan itu adalah karakter dan mindset kita sendiri. Saat ini ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat berkembang pesat, telah membawa perubahan yang sangat besar dalam berbagai aspek kehidupan. Akan banyak lapangan pekerjaan yang hilang, sementara berbagai jenis pekerjaan baru akan muncul, bahkan akan banyak pekerjaan baru yang hari ini belum ada. Perubahan ekonomi, sosial, dan budaya juga terjadi dengan laju yang tinggi. Dalam masa yang sangat dinamis ini, perguruan tinggi harus merespon secara cepat dan tepat. Semoga para lulusan dapat mengembangkan ilmu yang telah didapat dan menjadi orang yang bermanfaat bagi masyarakat dan negara.

Ketua Ikatan Keluarga Alumni (IKA Unimed) Jafaruddin Harahap, S.Pd., M.Si. mengatakan penting bagi lulusan untuk menjaga akhlak dan mengembangkan ilmu pengetahuan yang telah didapat selama mengenyam pendidikan di Unimed. Apapun gelar akademik yang Saudara sandang, tentu saja membawa suatu kebahagian, kebanggaan, dan tanggung jawab tersendiri bagi Saudara. Oleh karena itu saya berpesan untuk selalu menjaga nama baik almamater (Unimed) yang telah membina dan membesarkan Saudara, tampilkan diri Saudara sebagai insan lulusan Unimed yang menjadi agile learner, seorang pembelajar yang tangguh, lincah dan tangkas. Agile learner adalah mereka yang selalu mencari pengetahuan baru, terus meningkatkan diri, serta beradaptasi pada perubahan. Tetap jalin komunikasi dan silaturahmi dengan Unimed sebagai almamater Saudara dan sesama alumni dimanapun Saudara berada. Berikan kontribusi kepada Unimed berupa masukan, kritik-konstruktif, dan ide kreatifsolutif dalam rangka meningkatkan kualitas almamater yang harus selalu kita banggakan; bukan sebaliknya membangun opini yang dapat merendahkan citra Unimed di masyarakat; dan Bekerja dengan tulus ikhlas dengan tetap menjaga wibawa dan martabat insan akademis khususnya sebagai keluarga besar Unimed. (Humas Unimed/eo)