Senin, 29 April 2024
Perguruan Tinggi

Selain Ilmu Akademik, Mahasiswa Didorong Pelajari Ilmu Agama

Selain Ilmu Akademik, Mahasiswa Didorong Pelajari Ilmu Agama

[Kanal Media Unpad] Masjid Raya Universitas Padjadjaran menggelar kajian Jumat sore dengan penceramah Habib Novel Al-Athos di ruang utama Masjid Raya Unpad, Jatinangor, Jumat (8/9/2023). Kajian tersebut mengangkat tema “Ilmu, Prestasi, dan Amal Saleh”.

Dalam rilis yang diterima Kanal media Unpad, Habib Al-Athos menjelaskan bahwa kunci kesuksesan dan kebahagiaan adalah ilmu agama. Karena itu, mahasiswa seyogianya tidak hanya rajin menuntut ilmu akademik, tetapi juga rajin menuntut ilmu agama.

“Hal ini penting agar dominasi pikiran mahasiswa tidak hanya tentang isu duniawi saja,” ujar Habib Al-Athos.

Habib Al-Athos pun mengingatkan, mahasiswa harus seimbang saat fokus belajar agama. Hal ini diharapkan agar mahasiswa mendapatkan kebekahan dan kebermanfaatan dari ilmu agama saat mengejar ilmu dunia.

Mahasiswa pun diharapkan selalu memohon pertolongan Allah Swt agar dihindarkan dari ilmu yang tidak bermanfaat.

Lebih lanjut Habib Al-Athos menyampaikan, urgensi mempelajari ilmu agama menjadi makin penting saat ini, mengingat banyak sekali godaan berbasis teknologi informasi dan platform media sosial yang berpotensi mengganggu keimanan mahasiswa. Selain, mempelajari agama juga penting mengingat rangkaian ibadah perlu dilakukan dengan basis ilmu.

Di akhir, Habib Al-Athos mendorong para pembelajar untuk membangun rasa hormat dan adab kepada gurunya. Saat ini banyak fenomena di mana para pembelajar tidak menghargai dan menghormati gurunya.

“Inilah salah satu poin penting untuk mendapatkan barokah ilmu, yaitu membangun rasa takzim dan hormat kepada guru yang mengajarkan ilmu, apalagi yang mengajarkan ilmu agama,” ujarnya. (rilis)*