Rabu, 22 Mei 2024
Sekolah Menengah Pertama

SMPN 1 Kalipucang Berselawat, Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW

SMPN 1 Kalipucang Berselawat, Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW

SMP Negeri 1 Kalipucang menyelenggarakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H, Jumat (06/10) .  Peringatan kali ini mengambil tema “ Meneladani Akhlak serta Meningkatkan Kecintaan kepada Rasulullah SAW”. Sejak pukul 07.00 warga SMP Negeri 1 Kalipucang yang terdiri dari siswa, guru, serta karyawan Tata Usaha telah memadati masjid sekolah.

Pembacaan Ayat Suci Al-Quran oleh Dara dan Nawa

Dengan dipandu oleh Alfisa dan Nazwa, kegiatan dimulai dengan penampilan berbagai kreativitas dan keterampilan siswa serta guru. Di antaranya pembacaan ayat suci Al-Quran oleh Dara dan Nawa. Kemudian ada penampilan dari Nesaka Voice yang berkolaborasi dengan ekstrakurikuler gitar yang membawakan lagu Ilahana Ya Ilahana. Tak ingin kalah saing dengan siswa, beberapa guru juga menampilkan kebolehannya dalam bermain musik dan bernyanyi.

Penampilan Nesaka Voice dan Gitar Duet

Sebelum memasuki acara inti, seluruh hadirin diajak untuk berselawat. Selawat merupakan bentuk kecintaan umat kepada Nabi Muhammad. Kecintaan pada Nabi ini juga menunjukkan kecintaan pada Allah SWT. Ini sesuai dengan Surat Ali Imran ayat 31-32. Keutamaan orang yang berselawat di antaranya dikabulkan doanya oleh Allah SWT, dijanjikan pahala berlipat, diangkat derajatnya, dihadiahi surga, dan syafaat Nabi.

Hadroh Mahalul Qiyam

Selain berselawat, terdapat amalan lain yang bisa dilakukan untuk memuliakan Nabi di hari Maulid. Seperti, mempelajari dan meneladani kisah Nabi Muhammad. Seperti yang disampaikan H. Suharno, M.Pd dalam tausiahnya.

Kreativitas Guru SMPN 1 Kalipucang

“Kita harus mampu mengupgrade diri kita dengan meneladani sifat-sifat Rasulullah. Menjauhkan diri dari perbuatan tercela dan dosa. Dengan menerapkan sifat Rasul, maka akan tumbuh akhlakul karimah dalam diri kita yang akan menjadi suatu kebiasaan baik di kehidupan sehari-hari, sehingga menjadikan generasi muslim yang berkualitas dan berkarakter” ungkapnya. (wlndr)