Senin, 20 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Pelan-Pelan Pak Supir

Pelan-Pelan Pak Supir

MENDALO,- Mengingat maraknya kecelakaan yang terjadi di Jalan Lintas Jambi – Muaro Bulian atau lebih tepatnya di jalan menuju kampus Universitas Jambi (UNJA) Mendalo, serta mahasiswa yang juga turut menjadi korban, UNJA memberikan himbauan kepada seluruh pengendara yang melalui jalan tersebut untuk lebih berhati-hati dalam berkendara.

Himbauan tersebut ditampilkan melalui videotron yang terletak di depan gerbang UNJA mengenai tata tertib dalam berlalu lintas. Kedisiplinan dan keamanan saat sedang berkendara sangat penting bagi keselamatan pengendara di jalan. Untuk itu, mari berkendara sesuai dengan tata tertib lalu lintas yang berlaku.

Himbauan yang ditampilkan berisikan beberapa hal terkait tata tertib berlalu lintas:

  • Tidak menggunakan handphone saat sedang berkendara, karena akan sangat berbahaya bagi keselamatan dan beresiko terjadi kecelakaan.
  • Menggunakan helm saat sedang mengendarai kendaraan roda dua. Helm wajib digunakan saat sedang mengendarai sepeda motor karena dapat melindungi bagian kepala dari benturan saat terjadi kecelakaan dan melindungi mata dari debu.
  • Jangan kebut-kebutan, kurangi kecepatan saat berkendara di jalan untuk mengurangi terjadinya kecelakaan lalu lintas, dan tidak melaju di kecepatan lebih dari 40 km/jam.
  • Perhatikan rambu lalu lintas dan marka jalan yang berlaku. Perlu bagi kita untuk mengetahui tentang rambu-rambu dalam berlalu lintas sebagai petunjuk bagi kita saat berkendara.

Setiap pagi dan sore saat jam pergi dan pulang kantor, serta di waktu tertentu para Satpam UNJA turun langsung mengatur arus lalu lintas. Sebagi salah satu langkah nyata, UNJA akan berkoordinasi dengan Balai Perhubungan Darat UPT Kementrian Perhubungan Jambi untuk meminta pemasangan banyak rambu-rambu tambahan dan juga warning lamp.

Pengaturan dalam berlalu lintas perlu kita ketahui dan patuhi untuk menjaga keselamatan dan keamanan bagi pengendara di jalan agar mengurangi potensi terjadinya kecelakaan. Oleh karena itu, mari menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas karena keselamatan kita juga merupakan tanggung jawab kita bersama.

Dimas Anugrah Adiyadmo / Juwita / HUMAS