Sabtu, 11 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Luar Biasa! Tim Himantro UNJA Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya di Desa Tungkal 1

Luar Biasa! Tim Himantro UNJA Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya di Desa Tungkal 1

Jambi,- Tim Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro (Himatro) Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Jambi (UNJA) membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Desa Tungkal 1, dusun Bahagia Kabupaten Kuala Tungkal melalui Program Inovasi Desa (Pro IDe), tim beranggotakan 15 orang diketuai oleh Bani Rafani dengan dosen pembimbing lapangan Ir. Abdul Manab, S.T., M.T.

Bani Rafani selaku Ketua Tim mengatakan alasan Desa Tungkal dipilih sebagai program inovasi desa karena desa tersebut belum terdapat listrik dan masih menggunakan diesel.

“Alasan memilih desa tersebut adalah karena berdasarkan pengalaman pro ide tahun lalu, dari latar belakangnya pro ide tahun lalu didesa tersebut belum terdapat listrik dan masih menggunakan diesel. Jadi kami dari tim pro ide tahun lalu melaksanakan dengan pembangunan PLTS untuk rumah warga, dan kabar terbaru dari desa tersebut bahwa diesel tersebut telah mati dan kebetulan di desa tersebut belum ada listrik sehingga tim pro ide saat ini ingin membangun lagi di desa tersebut penerangan jalan umum berbasis PLTS,” jelas Bani Rafani.

Bani Rafani juga mengatakan program ini diharapkan dapat membantu warga dari segi ekonomi, dan dapat melaksanakan kegiatan dimalam harinya.

“Harapan dari program kami ini adalah diharapkan ekonomi warga terbantu dan aktivitas warga di malam hari juga dapat terbantu dan juga untuk memaksimalkan ekonomi warga serta untuk mensuport dari ekowisata mangrove yang ada di sana dalam segi wisatawan bisa charger handphone, dan lain-lain,” tambahnya.

Untuk penggunaan serta perawatan PLT yang sudah dibangun oleh tim Pro IDe Himatro Universitas Jambi (UNJA) bertempat di Desa Tungkal 1, dusun Bahagia Kabupaten Kuala Tungkal akan disosialisasikan di akhir bulan November sekaligus peresmian dari PLTS yang dibangun.

Dr. Fuad Muchlis, S.P., M.Si. Ketua Tim Pro IDE UNJA mengatakan saat berkunjung kelokasi dalam rangka monev, menjelaskan Lokasi Pro IDE ini berada di kawasan Ekowisata Mangrove, yang menjadi iconik wisata pesisir yang sedang dikembangkan.

“Keberadaan listrik, sangat penting bagi warga untuk tumbuhnya UMKM lokal dan kenyamanan wisatawan yang berkunjung, Inisiasi dari mahasiswa ini, mestinya bisa memantik pihak terkait, seperti Pemkab Tanjab Barat untuk memfasilitasi dan memperluas akses ketersediaan listrik dengan pemanfaatan energi surya,”ujar Fuad Muklis.

Salah satu warga Desa Tungkal 1 mengatakan sebelum adanya PLTS yang dibangun oleh mahasiswa UNJA ini, keadaan desanya menjadi gelap jika diesel yang digunakan mati total.

“Alhamdulillah, kalo dilihat sekarang ini kami dapat manfaat dengan apa yang dilakukan anak-anak ini (mahasiswa-red) kalo dieselnya mati total maka kondisi desa akan sangat gelap tidak ada penerangan sama sekali, kalau tidak ada bantuan anak-anak ini betul-betul kami gelap, sebelum mahasiswa ini datang untuk penerangan kami menggunakan lampu teplok,”pungkasnya.

Silvia Yuliansari Asril / Welsa / HUMAS