Rabu, 22 Mei 2024
Sekolah Menengah Pertama

Siswa SMPN 1 Kalipucang Antusias Sambut Perpustakaan Keliling

Siswa SMPN 1 Kalipucang Antusias Sambut Perpustakaan Keliling

Kamis, 9 November 2023 SMP Negeri 1 Kalipucang menerima kunjungan perpustakaan keliling milik Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pangandaran. Siswa tampak senang dan antusias menyambut kehadiran perpustakaan keliling di lingkungan sekolah mereka.

Perpustakaan keliling menyediakan berbagai jenis buku, mulai dari buku tentang ilmu pengetahuan, umum hingga komik dan novel. Dengan bervariasinya ketersediaan buku yang mereka miliki membuat siswa semakin antusias dan tertarik untuk meminjam buku. Hal tersebut juga dapat membantu untuk meningkatkan minat dan gemar membaca bagi para siswa di sekolah sasaran.

Salah satu peserta didik kelas VIII, Restian tampak antusias mencari buku. Ia datang bersama teman-teman sekelasnya untuk membaca buku dan bertanya terkait buku kepada petugas perpustakaan keliling.

“Saya senang membaca buku, apalagi buku non fiksi yang berkaitan dengan Ilmu Pengetahuan Alam. Membaca merupakan salah satu kebiasaan yang selalu saya lakukan. Ketika sedang tidak ada pembelajaran, saya biasanya berkunjung ke perpustakaan sekolah untuk mencari bahan bacaan,” ujar Restian.

Adapun tujuan mendatangkan perpustakaan keliling sebagai program peningkatan literasi dan sarana untuk meningkatkan minat baca dan untuk memenuhi rasa ingin tahu terhadap pengetahuan dalam pembelajaran maupun di luar pembelajaran. Selain itu, juga dijadikan sebagai wadah untuk memperdalam ilmu pengetahuan siswa di sekolah. (wlndr)