Jumat, 17 Mei 2024
Bimbingan Belajar

Habiburrahman Hanan, Siswa SMP PIAR Juara 1 Lomba MHQ

Habiburrahman Hanan, Siswa SMP PIAR Juara 1 Lomba MHQ

Habiburrahman Hanan, siswa SMP Perguruan Islam Ar Risalah (PIAR), Kota Padang, berhasil meraih juara 1 pada ajang Musabaqah Hifzhil Quran (MHQ) tingkat Kota Padang.

Lomba tersebut merupakan salah satu kegiatan dari Pentas PAI yang digelar Musyawarah Guru Mata Pelajaran PAI SMP Kota Padang, Selasa-Rabu (21-22/11/2023).

Habiburrahman bersyukur bisa meraih juara 1 pada lomba yang digelar dalam rangka memperingati Hari Amal Bakti ke-78 Kementerian Agama RI itu.

“Ada sekitar 60 siswa dari berbagai SMP se-Kota Padang yang ikut lomba. Alhamdulillah, ana (saya) berhasil meraih juara,” ujarnya.

Persiapan yang dilakukan menjelang lomba, Habiburrahman mengulang hafalan Alqurannya. Habiburrahman sendiri adalah hafiz 12 juz.

Sementara, pada MHQ ini, hafalan Alquran yang diujikan adalah dua juz non-tilawah terdiri atas juz 30 dan satu juz pilihan.

Putra dari Bapak Aidil Novia dan Ibuk
Riri Fitria
ini memang gandrung dalam membaca dan menghafal Alquran. Dalam sehari, ia bisa membaca Alquran dan memuraja’ah hafalannya dua sampai tiga juz.

“Sementara, untuk menghafal sendiri, ia bisa menghafal empat sampai lima halaman dalam satu minggu,” sebutnya.

Ia pun mengucapkan terima kasih kepada guru dan orang tua yang telah mendukungnya untuk menjadi hafiz Alquran.

Sekedar informasi, tahfiz merupakan salah satu program unggulan di SMP PIAR. Siswa dibimbing agar bisa hafal minimal lima juz saat tamat.

Kemudian, bagi siswa yang memiliki minat dan bakat dalam menghafal Alquran, maka ada program hafiz 30 juz yang bisa diikuti siswa. [fru]