Sabtu, 18 Mei 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

Karawitan Tradisi Nusantara

Karawitan Tradisi Nusantara

DPR (Dunia Pelajar) edisi Kamis,1 Februari 2024 kedatangan tamu spesial, yaitu ada Salsabila Amelia yang biasa dipanggil Bella yang merupakan Siswi SMKN1 Semarang yang berhasil mendapatkan juara ke 3 tingkat provinsi di bidang karawitan yang diselenggarakan pada tanggal 24 Oktober 2023 di Ronggowasita Semarang

Bella mulai menyukai karawitan sejak ia menduduki kelas 6 SD dan termotivasi oleh Guru Macapatnya. Sebelum ia mengikuti lomba karawitan sebagai Sindhen, Bella ini juga pernah memainkan Gamelan loh. Sebelum mengikuti lomba, Bella hanya mempersiapkan latihan 4 hari dan tantangan tersulit saat lomba adalah ketika ia menyanyikan lagu wajib yang sudah ditentukan oleh panitia lomba. Pengalaman yang didapat setelah mengikuti lomba, Bella menjadi terinspirasi untuk terus menggali suara vokalnya. Saat lomba karawitan Bella menyanyikan dua lagu yaitu yang dipilih secara pribadi dan lagu wajib yang sudah dipersiapkan oleh panitia.

Bella minat karawitan karena ia ingin mengembangkan seni tradisi Jawa Nusantara. Menurutnya hal yang menarik ketika mengikuti karawitan adalah saat adanya kolaborasi antara penabuh gamelan, kenong, gong, kempul, dan gendhang. Selain karawitan Bella juga menyukai olahraga seperti futsal dan juga mengikuti paskibra. Usaha Bella untuk mempertahankan karawitan agar lebih dikenal diluaran sana adalah “dengan cara mempromosikan dan mengikuti lomba yang disiarkan langsung agar teman-teman bisa menonton dan melihat kalau karawitan berasal dari Indonesia.”

Pesan-pesan dari Bella adalah “Tetap semangat mengejar prestasinya masing-masing dan terus kembangkan apa yang kalian inginkan.”

 

Eko Ananto, S.I.Kom (Tim Humas STEMSA)