Senin, 29 April 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

OSIS Prayatna Maitri SMKN 11 Semarang Adakan Pelatihan Pembuatan Coklat

OSIS Prayatna Maitri SMKN 11 Semarang Adakan Pelatihan Pembuatan Coklat

Jumat, 2 Februari 2024, di Joglo Widya Bakti Sala, para pengurus OSIS Prayatna Maitri melaksanakan pelatihan bersama pembuatan coklat. Saya bersyukur sekali mendapatkan sumbangan tenaga dan pemikiran dari Bu Nizar, guru Bimbingan Konseling SMK N 11 Semarang yang sekaligus sebagai pelaku usaha pembuatan coklat mau meluangkan waktunya untuk membimbing para pengurus OSIS ini sehingga mereka dengan semangat mengikuti pelatihan tersebut.

Pelatihan pembuatan coklat ini merupakan kegiatan tindak lanjut dari proses pelatihan kewirausahaan yang telah dilakukan beberapa minggu yang lalu.  Ketika pelatihan dan berdampak pada semangat untuk berwirausaha, maka perlu segera mungkin melakukan kegiatan praktik berwirausaha. Wirausaha bukanlah teori-teori yang dipelajari, namun justru dari praktiklah mereka akan mendapatkan pengalaman yang bermakna. Beberapa hari sebelumnya para pengurus mencoba mempraktikkan menjual makanan-makanan yang sampai saat ini masih terus berjalan. Kali ini mereka di bawah bimbingan Bu Nizar belajar praktik produksi coklat dengan harapan akan dipasarkan menjelang hari valentine di bulan Februari ini.

Pengurus OSIS Prayatna Maitri ini merasa senang dengan pelatihan yang dilakukan. Hal ini terlihat dari beberapa refleksi berikut ini. “Yang saya rasakan adalah keseruan bagaimana dapat membuat coklat, langkah demi langkah dalam pembuatan coklat tadi, bagaimana cara mencetak dan lain sebagainya saya merasakan keseruan karena dapat berbaur dengan bu Nizar. Dari pelatihan ini kami dapat banyak berbicara dan konsultasi terhadap apa yang saya alami selama itu, sangat enjoy berbicara dengan beliau. Kami menjadi lebih mengenal beliau lebih dekat dan juga kami menjadi tahu bagaimana cara pembuatan coklat, bagaimana cara mengisi isi di dalam coklat, berapa waktu yang tepat untuk membekukannya, cara membungkus dengan rapi serta memikirkan desain cover untuk packagingnya. Saya rasa sangat seru bersama teman-teman saya dan dengan beliau sendiri”, ungkap Tiffany.

“Yang saya rasakan dengan adanya kegiatan membuat coklat di bawah bimbingan Bu Nizar adalah sangat senang karena ini pertama kalinya saya membuat coklat, dan Bu Nizar membimbing kami dengan sangat sabar dan bersemangat, membuat kami para pengurus OSIS ikut bersemangat untuk membuat coklat yang baik dan benar, kita membuat coklat ini dapat melatih kerapian, kerjasama, ketelitian dan kecepatan untuk menyetak coklat”, ungkap Raka.

Kegiatan pelatihan pembuatan coklat ini merupakan salah satu bagian dari program OSIS Prayatna Maitri untuk mengasah kemandirian dan gotong royong. Hal ini sesuai dengan nama Prayatna Maitri yaitu semangat menebar cinta kasih. Bagaimana seseorang akan menebar cinta kasih, ketika belum mampu menyelesaikan urusan dari dalam dirinya? Pelatihan ini sebagai salah satu cara agar pengurus OSIS mampu mencintai dirinya sendiri sebelum menebar kasihnya terhadap orang lain. Ketika ia berlatih untuk mandiri baik secara kompetensi maupun secara finansial, sebenarnya mereka sedang belajar untuk mencintai dirinya terlebih dahulu. Selamat untuk pengurus OSIS Prayatna Maitri untuk melanjutkan proses berwirausahanya dan terima kasih untuk bu Nizar atas bimbingannya. Semoga kegiatan ini membawa keberkahan.