Jumat, 17 Mei 2024
Sekolah Menengah Atas

Serunya Belajar Budi Daya Tanaman Hidroponik di Agrowisata Purwosari

Serunya Belajar Budi Daya Tanaman Hidroponik di Agrowisata Purwosari

Sebanyak 123 siswa kelas XI beserta 12 guru pendamping SMAHA (SMA Islam Hidayatullah) berkunjung ke Agrowisata Purwosari Mijen, Kota Semarang (20/02/2024). Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka implementasi P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) tema Gaya Hidup Berkelanjutan. Dalam tema ini, peserta didik diajak untuk bisa membudidayakan tanaman hidroponik.

Seluruh kegiatan pembelajaran di agrowisata Purwosari dipandu oleh fasilitator yang ada. Diawali dengan ice breaking, pengenalan tanaman hidroponik, cara menyemai, cara memberikan nutrisi pada tanaman hidroponik, cara membuat pupuk, cara menanam, hingga panen tanaman selada hidroponik. 

Ibu Ria Yuliani selaku koordinator projek menjelaskan tema Gaya Hidup Berkelanjutan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran siswa tentang keberlanjutan hidup dan menciptakan keseimbangan antara kebutuhan manusia dan pelestarian lingkungan. “Hidroponik merupakan salah satu alternatif metode menanam yang praktis. Selain itu, terbatasnya lahan tanam di lingkungan SMAHA juga menjadi faktor pemilihan metode tanam ini. Relevansi hidroponik dengan tema projek kali ini yaitu bisa memanfaatkan benda atau limbah yang berasal dari lingkungan sekolah (limbah plastik) dan tanaman lokal  yang dapat menghasilkan karya inovatif dan bernilai ekonomis,” tambah Ibu Ria.

Peserta kegiatan terlihat sangat antusias dalam kegiatan ini. “Kegiatan ini sangat seru dan menyenangkan. Banyak hal baru yang saya dapatkan. Saya menjadi tahu bagaimana cara budidaya tanaman hidroponik,” tutur Kayla Denaya, siswi kelas XI-4.