Senin, 13 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Fasilitas Lengkap, Fai Uad Ciptakan Mahasiswa Unggul

Fasilitas Lengkap, Fai Uad Ciptakan Mahasiswa Unggul
Program Pengenalan Kampus (P2K) Fakultas Agama Islam UAD tahun 2021 (Foto: Laras)

Program Pengenalan Kampus (P2K) Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta yang dilaksanakan pada Rabu, 15 September 2021, berlangsung daring dan disiarkan serentak bersama sepuluh fakultas lainnya di YouTube UAD. FAI mempunyai visi “Menjadi fakultas yang diakui secara internasional dalam pengembangan studi Islam berkemajuan yang berwawasan sociotechnopreuneur” berharap dapat tercapai dengan adanya peran mahasiswa baru yang bergabung tahun ini.

“Kami tidak menginginkan fakultas ini condong ke arabisasi dalam sisi budaya keilmuan dan kebaratan, tetapi kami ingin kembali pada Al-Qur’an dan Assunah untuk berpikir satu langkah lagi ke depan sehingga mahasiswa FAI tidak gagap ke depannya,” ujar Dr. H. Nur Kholis, S.Ag. M.Ag. selaku Dekan FAI pada sesi pertama P2K FAI, (15-09-2021).

Saat ini, FAI menjadi fakultas yang dipercaya untuk menjadi koordinator Forum Komunikasi (Forkom) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) yang ada di Yogyakarta. Alasan dipilih karena mempunyai fasilitas pembelajaran yang cukup lengkap, seperti laboratorium digitalisasi Hadis, laboratorium mini bank, laboratorium bahasa yakni Ahmad Dahlan Langue Centre, dan laboratorium micro teaching.

Pada sesi kedua, P2K diisi oleh tiga mahasiswa berprestasi FAI, ada Nandang Suhendang dari Program Studi Perbankan Syariah, Iefon Shiflana Habiba dari Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), dan Zumrotul Imanda dari Sastra dan Bahasa Arab.

Seperti yang disampaikan oleh wakil dekan FAI, Arif Rahman, S.Pd.I., M.Pd.I., “Harapannya kalau kuliah di FAI jangan tanggung-tanggung kalau mandi basah sekalian, ikuti saja semua rangkaian kegiatannya agar kita mempunyai manfaat sekaligus memperkaya kemampuan baik akademik maupun nonakademik.” (Lrs).