Sabtu, 27 April 2024
Perguruan Tinggi

Masjid Taqwa UMSU Sediakan 200 Porsi Makanan Berbuka Puasa

Masjid Taqwa UMSU Sediakan 200 Porsi Makanan Berbuka Puasa

Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Taqwa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara sediakan 200 porsi makanan berbuka puasa untuk mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan dan masyarakat umum.

“Kegiatan berbuka puasa bersama di Masjid Taqwa UMSU merupakan program rutin yang dijalankan setiap Bulan Ramadhan,” ungkap Ketua BKM Taqwa UMSU, Prof Akrim, MPd, Rabu (19/3), di kampus UMSU Jalan Kapten Mukhtar Basri, Medan.

Prof. Akrim juga menjelaskan bahwa BKM Masjid Taqwa UMSU seperti bulan Ramadan sebelumnya menggelar berbagai program yakni menyediakan makanan berbuka gratis, menggelar sholat tarawih serta pengajian yang digelar seusai shalat zuhur.

Selain agenda tahunan, menyediakan makanan berbuka gratis salah satu wujud semangat berbagi, mengingat banyak mahasiswa yang tidak kembali ke kampung halaman, khususnya mahasiswa program pertukaran mahasiswa mandiri.

“Para mahasiswa program pertukaran mahasiswa mandiri yang berasal dari berbagai kampus di Indonesia tidak pulang ke kampung halaman. Mereka tinggal di rumah susun mahasiswa di kompleks kampus UMSU, terutama para mahasiswi sehingga adanya program berbuka puasa di masjid Taqwa UMSU bisa jadi kesan tersendiri,” kata Prof. Akrim.

Mengenai pengajian Ramadan yang digelar di Masjid Taqwa Kampus UMSU, menghadirkan penceramah dari berbagai kalangan.

“Pengajian diisi oleh para pakar dari berbagai disiplin ilmu. Tema yang dibahas seputar puasa Ramadan ditinjau dari berbagai perspektif serta tema-tema aktual,” jelasnya.

Pengajian Ramadan yang diikuti sivitas akademika UMSU dan masyarakat umum ini diharapkan bisa lebih menambah wawasan pengetahuan keagamaan.

BKM Masjid Taqwa UMSU berharap, berbagai kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka menghidupkan suasana ramadhan ini bisa meningkatkan semangat silaturahim sekaligus menambah nilai ibadah.