Sabtu, 27 April 2024
Perguruan Tinggi

Pendaftaran SNBT Dibuka, UNNES Sediakan Kuota 3.522 Calon Mahasiswa Baru

Pendaftaran SNBT Dibuka, UNNES Sediakan Kuota 3.522 Calon Mahasiswa Baru

Pendaftaran Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) bagi calon mahasiswa baru di Perguruan Tinggi Negeri resmi dibuka hari ini, Kamis (21/3). Pendaftaran dibuka hingga Jumat, 5 April 2024.

Dalam jalur seleksi ini, Universitas Negeri Semarang (UNNES) menawarkan kuota sebanyak 3.522 yang tersebar di 74 program studi D3/S1 di 9 fakultas.

Berbeda dengan SNBP yang menggunakan nilai rapor, SNBT merupakan jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang menggunakan tes berbasis komputer. Jalur ini dapat diikuti oleh siswa kelas 12 jenjang SMA/SMK/sederajat atau siswa yang telah lulus dua tahun sebelumnya, yaitu tahun 2022 dan 2023.

Kepala Humas UNNES, Rahmat Petuguran menyampaikan, bahwa hasil SNBP memang baru akan diumumkan pada 26 Maret 2024, namun pendaftaran SNBT telah dibuka untuk memfasilitasi calon mahasiswa yang tidak eligible masuk SNBP dan calon mahasiswa gap year.

“Sebagaimana disampaikan Sekretaris SNPMB, Prof. Dr. Rina Indiastuti, siswa yang sedang menunggu hasil SNBP bisa mendaftar setelah tanggal 26 jika memang tidak diterima SNBP,” katanya.

Lanjut Rahmat, pada tahun 2024 UNNES akan menerima 11.300 mahasiswa baru. Sebanyak 2.390 atau 21 persen dari total kuota telah diambil pada jalur SNBP. Pada jalur SNBT, UNNES menawarkan kuota sebanyak 3.522 atau sekitar 31 persen.

“Kuota SNBT jauh lebih besar dari SNBP sehingga peluang diterima bagi calon mahasiswa baru akan lebih besar,” katanya.

Selain itu, ada peraturan baru pada tahun 2024 yang melarang calon mahasiswa yang telah diterima SNBP untuk mengikuti SNBT.

Calon mahasiswa baru dapat mendaftar SNBT secara online melalui portal resmi SNBT di pendaftaran-utbksnbt-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UNNES, Prof. Dr. Zaenuri, M.Si., Akt. menjelaskan, bahwa UNNES mengundang talenta unggul dari seluruh penjuru Tanah Air untuk mendaftar ke UNNES.

Sebagai salah satu perguruan tinggi unggul, UNNES menawarkan pendidikan berkualitas . Hal tersebut dibuktikan dengan diraihnya akreditasi institusi unggul, mayoritas program studi telah terakreditasi unggul dan A, dan akreditasi internasional untuk sejumlah program studi.

“Kami menghimbau kepada adik-adik yang akan mendaftar ke UNNES untuk selalu mengikuti informasi resmi. Selain laman SNPMB, informasi penerimaan UNNES selalu disampaikan melalui website resmi dan media sosial resmi UNNES,” katanya.

Informasi mengenai pendaftaran mahasiswa baru UNNES dapat diakses melalui laman https://unnes.ac.id/admission.