Minggu, 28 April 2024
Perguruan Tinggi

Sosialisasi Pengolahan Limbah Sampah dalam Acara Pembagian Sembako

Sosialisasi Pengolahan Limbah Sampah dalam Acara Pembagian Sembako

Dosen Program Studi Bioteknologi Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas ‘Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta, Sharfina Mutia Syarifah, B.Sc., M.EngTech., mengadakan sosialisasi pentingnya pengolahan limbah sampah pada acara pembagian paket sembako kepada masyarakat sekitar.

Dalam kegiatan yang digelar pada Kamis (21/03) kemarin, Mutia memaparkan kepada para warga tentang pentingnya mengolah limbah sampah untuk menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan sekitar.

Dalam penjelasannya, Mutia menggarisbawahi bagaimana memanfaatkan sampah organik untuk dijadikan kompos.

“Bapak dan ibu bisa memilah sampah dan memanfaatkannya sebagai kompos, ada beberapa cara salah satunya yaitu bernama Losida atau lodong sisa dapur,” tutur Mutia.

Acara pembagian sembako yang diselenggarakan oleh UNISA Yogyakarta tidak hanya sekadar bentuk bantuan kepada warga sekitar, namun juga menyelipkan kegiatan sosialisasi seperti yang dilakukan dosen Bioteknologi. Selain pembagian sembako, acara tersebut juga dilengkapi dengan penyuluhan tentang pengolahan limbah dan pemeriksaan kesehatan gratis bagi masyarakat.

Kepedulian UNISA terhadap warga sekitar dalam bentuk kegiatan yang tidak hanya bersifat bantuan langsung, tetapi juga bertujuan untuk memberikan pemahaman dan edukasi kepada masyarakat sekitar tentang cara menjaga lingkungan dan kesehatan mereka melalui pengolahan limbah sampah.

Mutia berharap bahwa sosialisasi yang dilakukan dalam acara pembagian sembako tersebut dapat memberikan dampak positif dan mendorong kesadaran masyarakat untuk aktif dalam pengolahan limbah sampah, sehingga lingkungan sekitar dapat terjaga dengan baik dan tetap sehat.