Senin, 20 Mei 2024
Perguruan Tinggi

HMPS ES Goes To Masjid: Jaga Hablum Minallah dan Hablum Minannas

HMPS ES Goes To Masjid: Jaga Hablum Minallah dan Hablum Minannas

(iainfmpapua.ac.id) –  Umat manusia hendaknya selalu menjaga hablum minallah dan hablum minannas. Ustad Ahmad Syahrul Syukur, Lc menyampaikan hal ini dalam sesi tausiyah kegiatan Goes to Masjid yang digelar Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) berkolaborasi dengan Himpunan Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah (HMPS ES) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua, di Musholla Jabal Hikmah, Tanah Hitam, Jayapura, 29 Maret 2024.

Ia menerangkan, hablum minallah menjaga interaksi atau hubungan dengan Allah secara vertikal. “Antara hamba dengan Tuhannya, selain itu kita juga dituntut untuk hablum minannas yaitu menjaga interaksi, hubungan, sosial dan silaturahmi antar sesama manusia,” ujarnya. Menurutnya perlu ada keseimbangan bagi manusia dalam menerapkan hablum minallah dan hablum minannas dalam kehidupan sehari-hari. “Kita harus tetap menjalankan ibadah kepada Allah secara maksimal namun jangan sampai melupakan kewajiban sebagai makhluk sosial, menjaga hubungan dengan masyarakat, karenanya perlu adanya keseimbangan,” jelasnya. Ahmad menekankan pentingnya bersilaturahmi dan berbuat baik antar sesama manusia. “Karena manusia merupakan makhluk cipataan Allah yang paling sempurna disertai dengan akhlaknya,” imbuhnya. Selain itu, Ahmad juga menyampaikan terkait moderasi beragama ditengah masyarakat yang majemuk.

Dalam sambutannya sebelumnya, Ketua Program Studi Ekonomi Syariah, Abdul Karman, M.M menuturkan bahwa kegiatan ini bertujuan mendekatkan diri ke masyarakat melalui masjid-masjid dengan istilah goes to masjid. “Seluruh HMPS yang ada di IAIN Fattahul Muluk Papua mendekatkan diri dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat,” tuturnya. Ia menilai positif atas inisiasi mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan berbuka puasa bersama. “Mari manfaatkan momentum ramadan ini dengan berkegiatan yang positif yang bisa meningkatkan ibadah kita dan masyarakat sekitar,” ungkapnya.

Takmir Mushola Jabal Hikmah, Muhammadong mengapresiasi program buka puasa bersama ini. “Ini merupakan penghargaan bagi kami sekaligus dapat memperkenalkan musholla ini pada masyarakat luas,” terangnya. Pihaknya juga menyambut secara terbuka untuk program-program kegiatan mahasiswa ke depannya. “Kami siap bekerjasama dengan menyediakan musholla sebagai tempat kegiatan,” imbuhnya. Kegiatan ini juga diisi dengan pemberian cendramata berupa Al’quran kepada pihak mushola. Kegiatan dengan tema ‘Melalui Momentum Bulan Ramadan Kita Tumbuhkan Semangat Moderasi Beragama di Tengah Masyarakat yang Majemuk’ merupakan kolaborasi bersama LPPM IAIN Fattahul Muluk Papua yang menyalurkan donasi dari warga kampus dan pihak luar kampus. Acara ini dihadiri para pejabat, dosen, mahasiswa Ekonomi Syariah dan warga jamaah Musholla Jabal Hikmah. (Za/Is/Her). (Za/Is/Her).