Kamis, 02 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Dies Natalis UNNES ke-59: Komitmen Berintegritas untuk Wujudkan Indonesia Emas

Dies Natalis UNNES ke-59: Komitmen Berintegritas untuk Wujudkan Indonesia Emas

Universitas Negeri Semarang (UNNES) membuka rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-59 UNNES dengan penuh semangat dan antusias. Dengan tema “UNNES Berintegritas untuk Indonesia Emas” UNNES memiliki prinsip keteladanan dalam berintegritas untuk mencapai cita-cita Indonesia yang gemilang dengan penerapan nilai-nilai konservasi. Pemilihan tema ini juga menandakan pentinganya memiliki fondasi moral yang kuat dalam mempertimbangkan kepentingan jangka panjang bagi masyarakat dan lingkungan.

Ribuan peserta kegiatan yang terdiri dari Sekda Jawa Jawa Tengah, Rektor, Wakil Rektor serta para jajaran pimpinan, ketua senat akademik, Majelis Wali Amanat, bank mitra, mahasiswa, dosen dan tendik UNNES memenuhi lapangan Prof. Dumadi untuk mengikuti rangkaian kegiatan pembukaan Dies Natalis ke-59.

Rektor Universitas Negeri Semarang (UNNES), Prof Dr S Martono MSi dalam sambutannya membuka rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-59 UNNES dengan menekan sirine dan dilanjutkan pertunjukan drone dan paramotor yang merupakan hasil dari penelitian dosen fakultas teknik yakni Dr. Anan Nugroho S. T., M. Eng. serta mahasiswa Fakultas Teknik UNNES yang tergabung dalam Federasi Aero Sport Indonesia (FASI). 

Rektor UNNES, Prof. S.Martono, mengungkapkan bahwa peringatan Dies Natalis ke-59 ini dapat dijadikan momentum, agar UNNES mampu mewujudkan mimpinya ke depan. 

“Dies ke-59 ini tentunya warga UNNES dan seluruh masyarakat berharap kita dapat masuk ke pemeringkatan internasional, membuktikan UNNES mampu dalam mencapai peringkat ditingkat Internasional” ungkap Prof. Martono.

Dalam hal menjaga reputasi, tentunya UNNES selalu berkomitmen sekarang maupun kedepan untuk menjaga mutu dan output dengan melibatkan masyarakat dalam hal-hal capaian-capaian tertentu seperti saat pengabdian dan penelitian kepada masyarakat, imbuh Prof. Martono.

Ketua Panitia Dies Natalis ke-59 dan juga Dekan Fakultas Teknik UNNES Prof. Dr. Wirawan Sumbodo, M.T. menyampaikan rangkaian kegiatan Dies Natalis-59  meliputi berbagai kegiatan diantaranya Ziarah leluhur, Kegiatan Olahraga, Khotmil Qur’an, Kegiatan Ilmiah, Bakti Sosial, FGD Pengembangan Alumni, dan UNNES Bersholawat. Semua kegiatan ini diharapkan dapat menjadi wahana inspirasi dan motivasi bagi seluruh civitas akademika UNNES untuk terus berprestasi dan berinovasi. 

Kegiatan Pembukaan Dies Natalis juga dimeriahkan dengan senam flashmob maju mapan, UNNES Fashion Carnival , jalan sehat bersama civitas akademik dan diakhiri dengan pembagian doorprize bagi para peserta.

Puncak kegiatan Dies Natalis ke-59 akan dilaksanakan upacara Dies Natalis yang diselenggarakan pada 8 Juni 2024 dengan Laporan Tahunan oleh Rektor, Orasi ilmiah serta Pengumuman Penghargaan Konservasi Award dan diakhiri oleh kegiatan Gelar Seni Kolaborasi UNNES 2024 Dosen dan Mahasiswa pada 22 Juni 2024.

Dengan semangat Dies Natalis ke-59 ini UNNES terus berkomitmen untuk menghasilkan lulusan yang tidak hanya memiliki kecerdasan akademik, tetapi juga dalam membentuk individu yang berintegritas dalam tindakan dan perilaku.