Jumat, 28 Juni 2024
Perguruan Tinggi

SEMMABA Universitas Jember Resmi Dibuka, Pendaftaran Hanya Hingga 28 Juni 2024 !

SEMMABA Universitas Jember Resmi Dibuka, Pendaftaran Hanya Hingga 28 Juni 2024 !

Jember, 19 Juni 2024
Universitas Jember membuka pendaftaran Seleksi Mandiri Mahasiswa Baru (SEMMABA) tahun 2024 mulai hari Rabu ini (19/6). Menurut Wakil Rektor I bidang Akademik, Prof. Slamin, SEMMABA adalah kesempatan atau jalur terakhir menjadi mahasiswa baru Universitas Jember angkatan tahun 2024. Pakar Teori Graph ini lantas menambahkan, pihaknya hanya memakai cara seleksi melalui Ujian Tulis berbasis Komputer atau UTBK yang diselenggarakan sendiri oleh Universitas Jember.

“Maka konsekuensinya, peserta SEMMABA 2024 wajib hadir mengikuti UTBK di Kampus Tegalboto sesuai jadwal yang ada. Untuk materi ujian sama persis dengan materi ujian di SNBT, ada materi Tes Potensi Skolastik, literasi Bahasa Indonesia dan Inggris serta Matematika. Jangan lupa, pendaftaran kami tutup di tanggal 28 Juni 2024 pukul 13.00 WIB atau jam satu siang,” jelas Prof. Slamin.

Pendaftaran dilakukan secara daring dengan membuka laman semmaba.unej.ac.id serta membayar biaya pendaftaran sebesar 350 ribu rupiah yang dibayarkan melalui bank BRI. Peserta akan mendapatkan tiga pilihan program studi dengan ketentuan minimal satu pilihan program studi harus di jenjang sarjana terapan (D IV) atau diploma tiga. Peserta juga diminta membaca secara cermat panduan pendaftaran SEMMABA seperti yang bisa diakses di laman unej.ac.id, pasalnya ada beberapa program studi yang hanya membuka pendaftaran di Kampus Bondowoso.

Sesuai jadwal, UTBK SEMMABA akan diadakan pada tanggal 3 hingga 7 Juli 2024. Untuk mendukung kelancaran UTBK SEMMABA, panitia telah menyiapkan 750 komputer yang digunakan untuk UTBK sesi pagi dan siang sehingga dalam satu harinya bisa melayani 1.500 peserta. Sementara untuk menjaga agar UTBK berjalan dengan baik, panitia menyiapkan pengawas dengan skema untuk setiap 20 peserta akan diawasi oleh satu petugas.

Hasil UTBK SEMMABA 2024 akan diumumkan pada tanggal 16 Juli 2024 jam 15.00 WIB melalui laman unej.ac.id. “Khusus di jalur SEMMABA ini kami tidak memfasilitasi pendaftar dengan fasilitas pembiayaan pendidikan KIP-K. Untuk informasi lebih lengkap bisa ditanyakan langsung ke Humas dan atau panitia di Bagian Akademik Universitas Jember,” pungkas Prof. Slamin. (iim)