Sabtu, 29 Juni 2024
Perguruan Tinggi

Konsultan BUMN Beri Tiga Kunci Temukan Potensi Diri

Konsultan BUMN Beri Tiga Kunci Temukan Potensi Diri

Setiap orang memiliki potensi diri yang berbeda-beda untuk dikembangkan. Menyadari dan mengembangkan potensi diri sangat penting karena berpengaruh terhadap masa depan. Namun, menyadari potensi diri juga bukan perkara mudah. Proses tersebut harus dilakukan oleh masing-masing Individu.

Baca juga : Dekan FISIP UMJ Jadi Narasumber Kuliah Kepakaran di UMPR

Oleh karenanya, Konsultan Komunikasi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Indah Firdaus memberikan tiga kunci dalam menemukan potensi diri yaitu memiliki mindset positif, menetapkan tujuan yang efektif, dan menjadi pembelajar seumur hidup.

Hal itu disampaikan saat menjadi narasumber tunggal dalam Seminar bertajuk “Mengoptimalkan Potensi Diri Mahasiswa di Tengah Persaingan Global”. Kegiatan ini diselenggarakan di Auditorium Kasman Singodimedjo Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta (FISIP UMJ), Rabu (26/6/2024).

Indah menguraikan dengan memiliki cara berpikir positif dapat memengaruhi perilaku, sikap, dan aksi individu untuk menuntun kepada proses menemukan potensi diri. Hal itu dilakukan dengan menanamkan cara berpikir untuk selalu berkembang.

Mindset itu akan menentukan aksi seperti apa yang akan kita lakukan untuk menemukan potensi diri,” ucap Indah.

Indah melanjutkan, setelah memiliki cara berpikir positif akan menuntun kepada tujuan dalam mencapai potensi diri. Tujuan ini dapat tercapai dengan menggali passion atau bakat yang dimiliki.

“Kelebihan itu bukan bakat, kelebihan itu dapat dicari. Dengan begitu kalian tahu potensi diri yang dimiliki,” lanjut Indah.

Indah mengatakan dalam mengatasi persaingan global juga perlu menjadi pembelajar seumur hidup. Pasalnya, perubahan terjadi begitu pesat sehingga menuntut untuk setiap individu cepat beradaptasi.

“Kalau kalian berhenti belajar, maka akan berhenti pula adaptasi terhadap lingkungan. Itu dapat membuat tertinggal jauh,” Jelas Indah

Pada kesempatan yang sama, Kaprodi Ilmu Komunikasi FISIP UMJ Dr. Oktaviana Purnamasari mengapresiasi pemilihan tema dalam seminar nasional ini. Menurutnya, mengoptimalkan dan menggali kemampuan diri sangat penting untuk dapat beradaptasi ditengah persaingan global, khususnya industri komunikasi yang berkembang sangat pesat.

“Sudah saatnya sejak kuliah kalian sudah dapat merancang memiliki ketertarikan di bidang mana saja. Apakah copywriter, fotografi, atau desain grafis, siapkan dari sekarang dan optimalkan,” ungkapnya.

Seminar ini merupakan luaran dari mata kuliah Manajemen Event dari Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi kosentrasi Public Relations.

Dosen pengampu mata kuliah Manajemen Event Istisari Bulan Lageni, S.Sos,. M.I.Kom., menjelaskan mahasiswa diwajibkan untuk memproduksi event sebagai bagian dari tugas akhir mata kuliah. Hal itu bertujuan agar mahasiswa dapat merasakan secara langsung pembuatan event mulai dari perencananaan hingga pelaksanaan.

“Semua ini sepenuhnya dilakukan oleh mahasiswa kelas Manajemen Event angkatan 2021. Jadi mereka akan merasakan dampaknya secara langsung,” kata Isti.

Ia berharap hasil luaran mata kuliah ini dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa di bidang manajemen event.

“Pemilihan tema juga dilatarbelakangi mahasiswa yang akan menghadapi kegiatan magang. Tentu, ini diharapkan dapat berguna bagi mereka sampai nanti ketika mereka memasuki dunia kerja,” harap Isti.

Kegiatan ini turut dihadiri Wakil Dekan III Dr. Fal. Harmonis, M.Si., dosen, civitas akademika UMJ, serta mahasiwa Universitas Muhammadiyah Mahakarya Aceh secara daring.

Editor: Dinar Meidiana