Minggu, 19 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Istilah dan Singkatan dalam Kuliah yang Wajib Diketahui Mahasiswa Baru

Istilah dan Singkatan dalam Kuliah yang Wajib Diketahui Mahasiswa Baru

[vc_row][vc_column][vc_single_image image=”50707″ img_size=”large” add_caption=”yes” alignment=”center”][vc_column_text]BANDUNG, unpas.ac.id – Bagi mahasiswa baru, istilah-istilah teknis di dunia perkuliahan tak jarang membuat bingung, karena memang tidak diberlakukan di jenjang pendidikan sebelumnya. Setelah pelaksanaan PKKMB, mahasiswa baru bakal segera memulai perkuliahan semester ganjil. Supaya lebih siap mengemban status sebagai mahasiswa, beberapa istilah berikut agaknya wajib diketahui biar enggak kudet:

1. Kartu Rencana Studi (KRS)

KRS merupakan daftar mata kuliah yang diambil mahasiswa untuk program pembelajaran di semester depan. Mahasiswa baru mungkin belum familiar mengisi KRS, karena biasanya di semester awal sudah ditentukan paket mata kuliah yang harus ditempuh.

Pengisian KRS dilakukan secara online setelah menunaikan kewajiban registrasi. Kamu juga bisa berkonsultasi dengan dosen pembimbing akademik mengenai rencana studi. Pastikan selalu mengikuti jadwal pengisian KRS di kalender akademik supaya tidak terlewat, ya.

2. Satuan Kredit Semester (SKS)

SKS adalah perencanaan beban atau bobot studi mata kuliah. Umumnya, mahasiswa diwajibkan menempuh 144 SKS (program sarjana) sampai semester akhir. Tiap semester, mahasiswa hanya diperbolehkan mengambil maksimal 24 SKS. Satu mata kuliah punya bobot SKS berbeda-beda, dari 1 sampai 6 SKS. Sederhananya, kalau di semester pertama sudah mengontrak 24 SKS, berarti kamu perlu 120 SKS lagi untuk wisuda.

Tapi, terdapat syarat yang harus dipenuhi untuk mengambil SKS di setiap semesternya, yaitu tergantung indeks prestasi kamu di semester sebelumnya. Besaran IP semester menentukan berapa jumlah SKS yang bisa kamu ambil.

3. Indeks Prestasi (IP) Indeks Prestasi Kumulatif (IPK)

IP dan IPK itu berbeda ya, Wargi Unpas. IP adalah hasil penjumlahan nilai mata kuliah yang kamu selesaikan selama satu semester. Sedangkan IPK adalah hasil penggabungan nilai dari semester satu hingga semester akhir.

IPK menunjukkan tingkat kesuksesan studi dengan angka tertinggi yaitu 4,00. Mahasiswa yang memperoleh IPK di atas 3,50 akan mendapat predikat cumlaude. Nilai IPK akan terpampang pada transkrip nilai dan beberapa perusahaan kadang menjadikan IPK sebagai salah satu kualifikasi rekrutmen.

4. Kartu Tanda Mahasiswa (KTM)

KTM Universitas Pasundan. (Sumber: Fakultas Teknik Unpas)

Pada dasarnya, KTM hampir sama seperti Kartu Pelajar yang berguna sebagai bukti identitas. Mahasiswa baru wajib memiliki KTM untuk mengurus hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan akademik. Di Unpas, KTM dapat digunakan sebagai alat pembayaran dan rekening tabungan karena bekerja sama dengan Bank BJB. Sangat praktis, bukan?

5. Nomor Pokok Mahasiswa (NPM)

Selain KTM, Nomor Pokok Mahasiswa juga menjadi identitas kamu selama kuliah. NPM tercantum di dalam KTM dan jadi bukti bahwa kamu telah terdaftar sebagai mahasiswa Unpas. NPM berfungsi sebagai username untuk login ke sistem akademik Unpas.

6. Dosen Pembimbing Akademik (Dosen PA)

Dosen pembimbing akademik atau dosen wali berperan membimbing dan mengarahkan jika kamu ingin berkonsultasi tentang urusan akademik, seperti mata kuliah yang akan diambil, SKS semester depan, atau kendala perkuliahan.

7. Semester Pendek (SP) atau Semester Sisipan/Antara

Semester pendek atau di Unpas disebut semester sisipan merupakan program perkuliahan yang diselenggarakan di antara semester genap dan ganjil pada setiap tahun ajaran. Tujuan semester sisipan di perguruan tinggi berbeda-beda, bisa untuk perbaikan nilai atau akselerasi masa studi. Semester sisipan di Unpas ditujukan untuk memfasilitasi mahasiswa yang hendak mengulang materi agar nilai atau IP-nya meningkat.

8. BEM, Hima, UKM

Di sekolah, BEM diibaratkan OSIS, kedudukannya di tingkat fakultas dan universitas. BEM merupakan lembaga eksekutif  yang menjadi perwakilan aspirasi mahasiswa. Hima (Himpunan Mahasiswa) hampir sama dengan BEM, hanya saja di tingkat jurusan atau program studi. Kalau UKM, tidak jauh berbeda dengan ekstrakurikuler, tujuannya tentu mewadahi dan mengembangkan minat bakat kamu. Kamu bisa bergabung dengan UKM kalau mau punya kesibukan di luar kegiatan akademik.

9. SITU Akademik

SITU akademik adalah sistem yang dibuat untuk mempermudah kegiatan administrasi akademik, seperti pengisian KRS, input nilai (untuk dosen), penyusunan kurikulum dan jadwal mata kuliah, serta masih banyak lagi.

Itu dia beberapa istilah teknis yang perlu diketahui dan dipahami mahasiswa baru. Tenang, informasi dan seluk beluk kegiatan akademik lainnya juga akan dijelaskan secara rinci ketika PKKMB, kok. (Reta)*[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]