Minggu, 19 Mei 2024
Sekolah Menengah Pertama

Zainal Fatah: Asn Kemenag Harus Paham 5 M

Zainal Fatah: Asn Kemenag Harus Paham 5 M

[Magelang] Kepala kantor kementrian agama Kabupaten Magelang, Zainal Fatah,S.Ag, M.Pd.I melakukan kunjungan ke MTsN 2 Magelang, Kamis (18/03/2021). Dalam kesempatan tersebut Zainal menyampaikan pentingnya ASN Kemenag memahami prinsip 5 M dalam melaksanakan tugasnya. ” Sebagai pegawai ASN Bapak ibu sekalian harus paham 5 M. Man (Orang), Money (uang), Material (barang), Marketing (pasar), Manajemen ( pengelolaan).Ini bukan kaitan dengan protokol kesehatan namun ini prinsip yang harus dilakukan oleh ASN dalam melaksanakan tugasnya, ” Ujar Zainal Fatah di hadapan Guru dan Karyawan.

Lebih lanjut Zainal Fatah menjelaskan bahwa salah satu dari 5 M tersebut adalah Money (uang). Kita sebagai pegawai dalam penggunaan anggaran diharapkan sesuai dengan regulasi dan aturan yang telah ditetapkan sebagai dasar pengambilan keputusan terkait penggunaan anggaran, ujarnya.
Sebagai pelayan masyarakat, ASN diharapkan selalu meningkatkan pelayanan dalam bekerja. ” Kita harus mempunyai prinsip dalam bekerja: Hari ini harus lebih baik dari kemaren. Jangan samapai justru hari ini sama dengan kemaren, apalagi lebih jelek dari kemaren, ” Imbuh Zainal Fatah di sela-sela membuka kegiatan Sosialisasi Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) didampingi Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Drs. Hedi Riyanto, M.Pd.I

Dalam kesempatan yang sama, Hedi Riyanto menjelaskan bahwa program PKKM adalah merupakan program rutin yang bertujuan mengevaluasi keinerja kepala Madrasah, ” PKKM ini menilai kinerja kepala Madrasah. Jadi secara rutin setiap kepala Madrasah akan dinilai setiap periodik. Untuk itu semua unsur penilaian harus di persiapkan seawal mungkin terutama bukti-bukti fisik yang nantinya akan dijadikan sebagai unsur penilaian. ” kata Hedi Riyanto.

Sementara itu Kepala MTsN 2 Magelang, Dra. Solihah,M.S.I menyampaikan terimakasih atas masukan dan juga bimbingan sekaligus pendampingan dari Kementrian Agama Kabupaten Magelang dan berharap pelaksanaan PKKM bisa berjalan dengan lancar.

Kegiatan yang berlangsung sehari tersebut diakhiri dengan pembagian tugas dan fungsi yang disampaikan oleh Muayyadah Riyadina , M.A dan Zubaidah Tuatoy, M.Pd.I dari tim Pokjawas Kemenag. (KF)