Jumat, 26 April 2024
Sekolah Menengah Atas

Seru, Ambalan Arjuna-Srikandi Pangkalan SMA N 4 Yogyakarta Selenggarakan Penjelajahan

Seru, Ambalan Arjuna-Srikandi Pangkalan SMA N 4 Yogyakarta Selenggarakan Penjelajahan

KOTA YOGYAKARTA — Ambalan Arjuna-Srikandi pangkalan SMA Negeri 4 Yogyakarta menyelenggarakan penjelajahan secara offline di sekitar wilayah pangkalan, Sabtu (21/05/2022).

Penjelajahan atau yang dikenal juga dengan istilah wide game adalah tentunya sudah tidak asing lagi bagi anggota Gerakan Pramuka. Penjelajahan adalah kegiatan latihan di alam terbuka yang diadakan secara temporer, dengan melintasi sebuah wilayah/areal tertentu yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Kegiatan diikuti oleh seluruh siswa dan siswi kelas 11 untuk mencapai nilai akhir pramuka. Jelajah Alam ini diawali dengan upacara pembuka yang dipimpin langsung oleh Pradana putra Kak Adhitya Octha Rizky. Nampak hadir dalam kesempatan tersebut sekaligus mengisi materi, yaitu Pradana Putri Kak Ni Putu Amelia Putri.

Turut hadir mendampingi kegiatan yaitu kepala SMA Negeri 4 Yogyakarta selaku Ketua Majelis Pembimbing Gugusdepan (Ka Mabigus) beserta jajaran pembina.

Salah satu pembina, Kak Tjahjo Muntadi menyampaikan bahwa selain untuk nilai secara akademis, kegiatan ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kerja sama antar siswa serta melatih keterampilan, dalam hal ini adalah kemampuan memasak. Sangga terbaik diumumkan di akhir kegiatan.

Widuri Fitriyan, salah satu peserta penjelajahan menyebutkan bahwa kegiatan ini sangat seru, karena regu dipilih oleh Dewan Ambalan secara langsung, sehingga dari yang tidak akrab bisa menjadi akrab.

Dari pengakuannya, iapun berharap semoga kegiatan ini masih ada tahun depan dan seterusnya agar siswa siswi Patbhe (sebutan pramuka SMA Negeri 4 Yogyakarta) yang lain bisa merasakan kegiatan ini.

“Kegiatan ini dapat mengembangkan kecintaan anggota Gerakan Pramuka kepada alam dan menambah wawasan tentang lingkungan. Maka itu dirasa sangatlah penting kegiatan ini untuk dilakukan setiap tahunnya,” pungkasnya.

Pewarta : Nathania Christie Destiana Putri