Jumat, 10 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Ditjen Perbendaharaan Kemenkeu RI Gelar Seminar Pengelolaan Keuangan Negara di Unram

Ditjen Perbendaharaan Kemenkeu RI Gelar Seminar Pengelolaan Keuangan Negara di Unram

Mataram, Universitas Mataram – Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan Republik Indonesia (Ditjen Perbendaharaan Kemenkeu RI) menggelar seminar Treasury Goes to Campus (TGC) 2022 di Gedung Auditorium M. Yusuf Abubakar, Universitas Mataram (Unram) pada Selasa (31/5).

Seminar yang bertema “Mewujudkan Pengelolaan Keuangan Negara yang Profesional dan Modern” itu ditujukan secara khusus untuk dosen dan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB).

Melalui seminar TGC 2022, Ditjen Perbendaharaan Kemenkeu RI yang dalam hal ini diwakili oleh Kantor Wilayah Direktorat Jenderal (Kanwil Ditjen) Perbendaharaan Provinsi Nusa Tenggara Barat (Prov. NTB) menyampaikan pembelajaran tentang pokok dan fungsi Direktorat Jenderal Perbendaharaan khususnya Direktorat Pengelolaan Kas Negara, serta isu terkini terkait pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Rektor Unram, Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St., Ph.D. menyambut baik kehadiran Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov. NTB untuk memberikan ilmu serta pengetahuan kepada para dosen dan mahasiswa FEB Unram.

“Prinsipnya adalah bagaimana kemudian acara ini akan menjelaskan tentang bagaimana sistem keuangan yang transparan dan modern yang kira-kira bisa kemudian mendukung dalam mencapai cita-cita kita,” tegas Prof. Bambang.

Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov. NTB, Sudarmanto, S.E., M.M. saat menyampaikan sambutan mewakili Ditjen Perbendaharaan Kemenkeu RI mengatakan jika acara ini bertujuan untuk sosialsai pelaksanaan tugas pokok dan fungsi dari jenderal kebendaharaan khususnya unit Rektorat di Universitas Mataram dalam rangka mewujudkan pengelolaan keuangan yang profesional dan unggul.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian 2 (dua) materi, yaitu tentang Pengelolaan Kas Pemerintah yang Efektif oleh Moch. Abdul Kobir, S.E., SST.Akt., M.Si., M.Com., Ph.D. dan materi Pengelolaan Valas Pemerintah oleh Tri Angga Sigit S.E., M.E.