Jumat, 10 Mei 2024
Sekolah Menengah Atas

Pembukaan Ujian Sekolah 2020/2021

Jumat, 19 Maret 2021 SMA Negeri 8 Kepulauan Tanimbar melaksanakan acara pembukaan Ujian Sekolah Tahun Pelajaran 2020/2021. Acara pembukaan dilaksanakan di halaman sekolah dengan tetap memperhatikan dan menerapkan protokol kesehatan; seperti pendeteksian suhu tubuh sebelum memasuki areal sekolah, wajib menggunakan masker bagi peserta ujian, pengawas dan panitia pelaksana Ujian Sekolah, serta semua pihak yang turut hadir dalam acara; memperhatikan jarak antar individu; penyediaan tempat cuci tangan dan penyediaan hand sanitizer.

Hadir dalam acara pembukaan Ujian Sekolah adalah pengawas binaan SMA Negeri 8 Kepulauan Tanimbar, Ibu Martina Kelbulan, S.Pd. Beliau ditugaskan sebagai perwakilan Kepala Kantor Cabang Dinas Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus Kabupaten Kepulauan Tanimbar yang tidak sempat hadir oleh karena tugas-tugas kedinasan yang tidak dapat ditinggalkan. Dalam sambutannya, beliau mengapresiasi panitia pelaksana Ujian Sekolah dalam mempersiapkan berbagai kegiatan/kebutuhan pelaksanaan ujian. Beliau juga berpesan kepada peserta ujian agar tidak main-main dan menganggap remeh pelaksanaan Ujian Sekolah, karena sejatinya Ujian Sekolah adalah salah satu faktor yang menentukan kelulusan peserta didik.

Selesainya acara pembukaan, peserta ujian langsung menuju ke masing-masing ruang ujian yang sudah ditetapkan untuk mengikuti Ujian Sekolah. Peserta ujian terbagi atas 3 ruang ujian dan 3 sesi pelaksanaan. Hadir dalam acara pembukaan hanyalah peserta sesi 1, hal ini untuk menghindari kerumunan yang tidak dinginkan. Ujian sekolah dilaksanakan mulai hari ini Jumat, 19 Maret 2021 kemudian dilanjutkan pada hari Senin, 22 maret 20121 dan berakhir pada Jumat, 26 Maret 2021.

Ujian Sekolah di SMA Negeri 8 Kepulauan Tanimbar Berbasis Komputer secara Online dengan memanfaatkan aplikasi Google Form yang dikreasikan dengan fitur-fitur tambahan add ons sehingga serasa menggunakan aplikasi ujian CBT. Penambahan token ujian, penginputan nomor peserta ujian (NISN) yang harus sesuai,  hingga penambahan tampilan waktu ujian. Selain itu, proktor atau peserta ujian tidak harus memasukkan link setiap mata pelajaran yang diujikan untuk bisa masuk ke laman soal, tetapi dengan memanfaatkan satu file Google Form sebagai laman beranda Ujian Sekolah yang ditambahkan pada fitur bookmark pada browser.