Selasa, 14 Mei 2024
Perguruan Tinggi

IIUM Undang Prof. Hamid Bahas SDGs Poin 18 (Spirituality)

IIUM Undang Prof. Hamid Bahas SDGs Poin 18 (Spirituality)

Kamis, 2 September 2021 – Rektor Universitas Darussalam Gontor (UNIDA Gontor), Prof. Dr. Hamid Fahmy Zarkasyi, M.A.Ed., M.Phil. menjadi salah satu Presenter pada acara Roundtable Discussion on Spirituality and Sustainable Development. Acara ini diselenggarakan oleh International Islamic University Malaysia (IIUM) dan mengangkat tema “Articulating SDGs (Sustainable Development Goals) point 18 (Spirituality) in the Framework of SDGs and Maqasid”. Acara ini dibuka langsung oleh Rektor IIUM, Tan Sri Prof. Emeritus Dato’ Dzulkifli Abdul Razak.

Pada kesempatan ini, Prof. Hamid menyampaikan tentang Konsep Spiritualitas dalam Islam. Beliau mengatakan, bahwa spiritualitas tertinggi tidak hanya melakukan perbuatan baik. Tetapi, kesadaran akan keterikatan dengan Tuhan dalam segala perbuatan, pikiran dan perasaannya. Selain itu, beliau juga menjelaskan tentang rasionalisasi, objektivitas, prinsip dan urgensi spiritualitas dan dampaknya terhadap eksistensi manusia.

Acara ini terbagi menjadi 4 sesi dengan topik yang berbeda-beda. Diantaranya ialah Konseptualisasi, Operasionalisasi, Aplikasi dan terakhir ialah Integrasi Spiritualitas dalam Model SDG. Prof. Hamid yang telah menerima gelar Guru Besar dalam bidang Aqidah dan Filsafat Islam, menjadi pembicara sesi pertama bersama dua Presenter lainnya. Yakni Tan Sri Prof. Dr. Mohd Kamal Hassan, seorang Guru Besar di IIUM. Serta, Prof. Dr. Ibrahim Zein yang juga seorang Guru Besar dalam bidang Islamic Studies and Comparative Religion di College of Islamic Studies, Hamad bin Khalifa University. [Muhamad Fikrul Umam]