Selasa, 30 April 2024
Sekolah Menengah Atas

IHT Implementasi Kurikulum Merdeka

Mengawali kegiatan pembelajaran di tahun pelajaran 2022/2023, SMA Negeri 8 Kepulauan Tanimbar melaksanakan kegiatan pengembangan kompetensi berkelanjutan bagi guru mata pelajaran guna lebih meningkatkan kualitas dan profesionalisme guru dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab profesi yang diembannya. Meningkatnya kualitas dan profesionalisme guru yang secara linear dapat meningkatkan kualitas pendidikan di SMA Negeri 8 Kepulauan Tanimbar, sehingga akan berdampak baik bagi perkembangan kompetensi peserta didik.

Pengembangan kompetensi berkelanjutan bagi guru mata pelajaran yang dilaksanakan di SMA Negeri 8 Kepulauan Tanimbar berupa kegiatan In House Training (IHT) yang berlangsung selama 3 hari, Senin 25 Juli 2022 sampai Rabu 27 Juli 2022. Kegiatan IHT dibuka secara langsung oleh Kepala Kantor Cabang Dinas Pendidikan Menengah dan Khusus Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Bapak Caspar Keljombar, S.Pd. Dalam Sambutannya, beliau mengapresiasi baik kegiatan IHT yang dilakukan. Kegiatan IHT di SMA Negeri 8 Kepulauan Tanimbar merupakan salah satu dari kegiatan/program rutin yang dilaksanakan guna mengembangkan  kompetensi dan profesionalisme guru mata pelajaran secara berkesinambungan. Dalam kapasitasnya beliau sebagai Kepala Kantor Cabang Dinas Pendidikan Menegah dan Khusus, beliau merencanakan beberapa Program Kerja Pengembangan profesi guru yang salah satunya adalah melaksanakan kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) seluruh SMA/SMK tingkat Kabupaten. Berbekal dari kegiatan IHT yang dilaksanakan saat ini, beliau mengharapkan agar bapak dan ibu guru SMA Negeri 8 Kepulauan Tanimbar dapat berperan aktif serta dapat menularkan pengetahuan dan kompetensi yang dimilikinya dalam pelaksanaan kegiatan MGMP SMA/SMK tingkat kabupaten tersebut.

Ibu Marlona Kissya, S.Pd selaku wakil kepala sekolah bidang kurikulum sekaligus sebagai ketua panitia kegiatan IHT, dalam laporannya menyampaikan bahwa Kegiatan IHT dilaksanakan guna mempersiapkan sekolah, khususnya bidang kurikulum dan bapak/ibu guru mata pelajaran dalam mengimplementasikan kurikulum perubahan (Kurikulum Merdeka) tahun pelajaran 2022/2023 bagi peserta didik untuk jenjang SMA Kelas X (Fase E). Selain mempersiapkan sekolah dalam penerapan Kurikulum Merdeka, kegiatan IHT juga dimaksudkan untuk terus mengembangkan penerapan kurikulum K13 bagi peserta didik jenjang SMA kelas XI dan XII, yakni mengembangkan perangkat pembelajaran dan administrasi Dokumen I, serta dimaksudkan untuk mempersiapkan sekolah dalam menjalankan pengelolaan pendidikan ke depan yang berbasiskan data.

Materi Implementasi Kurikulum Merdeka mencakup (1) memahami struktur kurikulum merdeka dan bagaimana mengorganisasikan kurikulum merdeka dalam pelaksanaan pembelajaran; (2) memahami dan menyusun perangkat pembelajaran, yakni memahami tentang Capaian Pembelajaran

(CP), memahami dan menyusun Tujuan Pembelajaran (TP) dan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan memahami dan menyusun Modul Ajar; (3) memahami pelaksanaan pembelajaran kurikulum merdeka yang lebih menekankan pada pembelajaran yang terdiferensiasi pada kebutuhan peserta didik; (4) memahami pentingnya saesmen pada kurikulum merdeka, baik asesmen formatif maupun asesmen sumatif; dan (5) memahami tentang Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), yang merupakan bagian dari struktur kurikulum merdeka pada kegiatan Kokurikuler. Materi implementasi kurikulum merdeka disusun secara sistematis dengan harapan lebih memudahkan dalam memahami dan melaksanaan perubahan kurikulum dari Kurikulum K13 ke Kurikulum Merdeka.

Narasumber dalam kegiatan IHT SMA Negeri 8 Kepulauan Tanimbar berasal dari internal sekolah, yakni Ibu Henderika P. Pattian, S.Pd., M.Pd selaku kepala sekolah; Ibu Marlona Kissya, S.Pd, selaku wakil sepala sekolah bidang kurikulum; dan Bapak Sunardi, S.Pd selaku staf bidang kurikulum. Sebelumhya, ketiga narasumber sudah mengikuti kegiatan Workshop Implementasi Kurikum Merdeka tingkat kabupaten yang diselenggarakan oleh Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) tingkat SMA Kabupaten Kepulauan Tanimbar di SMA Kristen Saumlaki pada hari Selasa 19 Juli 2022 sampai Jumat 22 Juli 2022.