Minggu, 02 Oktober 2022
Sekolah Menengah Kejuruan

Tadarus Al-Qur’an, Doa dan Renungan Pagi di SMK 1 Perguruan “Cikini” dalam Rangka Membentuk Karakter Pelajar Pancasila

Tadarus Al-Quran, Do’a dan Renungan Pagi Siswa-siswi SMK 1 Perguruan “Cikini”

Jakarta, smkperguruancikini.sch.id – Setiap pagi sebelum memulai aktivitas belajar mengajar, siswa – siswi SMK Perguruan “Cikini” yang beragama Islam melaksankan tadarus bersama di kelas atau bengkel/lab masing – masing  dengan didampingi oleh Bapak Ibu Guru.

Suara lantunan ayat – ayat suci Al-Quran dibacakan oleh seorang siswa yang kemudian diikuti oleh seluruh siswa di kelas atau dibengkel/lab jurusan masing – masing.  Bagi siswa yang beragama lain juga ada kegiatan ibadah sebelum belajar, misal siswa-siswi yang beragama kristiani  melaksanakan doa dan renungan pagi di ruang Rohani Kristen dengan dipandu oleh Guru Agama Kristen.

Sugeng Ependi, S.Si selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk pembiasaan di sekolah dalam rangka pembentukan karakter, sehingga menjadi budaya yang melekat di SMK Perguruan Cikini. Salah satu tujuannya adalah agar para siswa memiliki nilai – nilai religius yang tertanam dengan baik dalam diri mereka.

“Sehingga dapat terbentuk kebiasaan dalam diri mereka yang akhirnya membentuk karakter Profil Pelajar Pancasila, Beriman, Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlaq Mulia. Diharapkan juga para siswa selain menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, mereka juga memiliki nilai – nilai keimanan dan ketakwaan yang kokoh. Sehingga di masyarakat kelak mereka bisa memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan didasari oleh keimanan dan ketaqwaan”,Imbuhnya.

Penulis: Sugeng Ependi