Sabtu, 27 April 2024
Perguruan Tinggi

Hadiri Rakorwas, Rektor Siap Laksanakan Instruksi Menag

Hadiri Rakorwas, Rektor Siap Laksanakan Instruksi Menag

Rektor UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi Prof. Dr. H. Su’aidi, MA., Ph.D hadir dalam Rapat Koordinasi Pengawasan Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemenag RI di Hotel Novotel Mangga Dua, Jakarta, pada 21-23 November 2022.

Peserta Rakorwas ini berasal dari seluruh Unit Eselon I, Rektor PTKIN, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi, Kepala Bagian Tata Usaha Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi, Kepala Balai Diklat Keagaaman, Kepala Badan Litbang Agama se-Indonesia,  untuk hadir langsung di lokasi, sedangkan untuk Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota hadir secara daring melalui aplikasi zoom meeting.

Dalam kegiatan yang digelar selama tiga hari, mulai 21-23 November 2022 ini, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas meminta jajarannya untuk mencari formula pengawasan guna menyelesaikan dua isu utama yang menjadi perhatian Presiden Jokowi.

Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas menegaskan sangat concern terhadap perbaikan pelayanan publik di Kementerian Agama, Sebab banyak layanan di Kementerian Agama yang langsung bersentuhan dengan masyarakat.

Untuk itu, Yaqut meminta perbaikan pelayanan publik menjadi perhatian Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemenag. Hal ini juga merupakan amanah dari Presiden Jokowi yang harus diselesaikan di Kemenag.

Dengan tema “Transformasi Pengawasan Inspektorat Jenderal Menjadi Organisasi yang Adaptif dan Agile”, Itjen Kemenag berharap dengan transformasi pengawasan memberikan perbaikan pada tata kelola Kemenag.

Menag Yaqut dalam sambutannya menyampaikan dua amanah dari Presiden yang harus diselesaikan Itjen Kemenag.

“Pertama, layanan publik yang belum maksimal sesuai harapan masyarakat. Kedua, isu kecurangan (fraud) yang ditengarai masih terjadi dalam layanan publik, pengadaan barang, serta praktik transaksional dalam mutasi promosi jabatan,” tutur Yaqut saat pembukaan Rapat Koordinasi Pengawasan Itjen Kemenag, Senin (21/11/2022) malam.

Sebagai pimpinan tertinggi kampus “Terdepan dan Berwibawa” Rektor UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi Prof. Dr. H. Su’aidi, MA., Ph.D siap siap melaksanakan instruksi-instruksi yang disampaikan oleh Menteri Agama untuk mendukung perbaikan pelayanan publik di Kementerian Agama khususnya UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Sumber : Kemenag RI