Minggu, 19 Mei 2024
Sekolah Menengah Pertama

Pelantikan OSIS

OSIS merupakan organisasi eksekutif tertinggi di tingkatan siswa di sekolah, ‘pun SMP Negeri 1 Karangploso juga memilikinya. Setiap tahun kepengurusan dari OSIS akan mengalami perubahan mulai dari pimpinan mereka yaitu ketua dan wakil ketua, pengurus di bawahnya, bahkan hingga program kerjanya. Tepat pada Senin pagi, 26 September 2022 sekitar jam 07.00 WIB bersamaan dengan upacara bendera Merah Putih yang selalu dilaksanakan setiap minggunya secara sah pengurus baru OSIS SMP Negeri 1 Karangploso lahir dengan ditandainya pemasangan selempang ketua OSIS oleh kepala sekolah.

Dengan adanya pelantikan pengurus ini, tidak sembarangan pengurus yang mengemban tugas ini di bahu mereka. Para pengurus OSIS telah melewati jalan yang panjang, mulai dipilah dan dipilih sejak masa pendaftaran calon pengurus baru. Setelah ditetapkannya siswa dalam seleksi sebagai calon pengurus, mereka juga harus mengikuti latihan dasar kepemimpinan siswa yang diadakan oleh sekolah di wahana wisata coban talun selama sehari guna mempersiapkan dan mengembangkan kemampuan dasar mereka dalam menyelenggarakan segala kegiatan di sekolah.

Pun dengan pemimpin sebagai puncak komando. Tidak serta merta ketua dan wakil ketua ditunjuk secara langsung. Mereka yang menginginkan jadi pemimpin harus menunjukkan bahwa mereka memang pantas sebagai Ketua dan Wakil Ketua OSIS dengan mengikuti serangkaian kegiatan Pemilihan Calon Ketua dan Wakil Ketua OSIS di mana mereka akan dipilih secara langsung oleh seluruh warga sekolah. Pemilihan itu dimulai dengan orasi serta penyampaian visi dan misi mereka di depan hadapan para murid. Setelah itu akan diadakakan pemungutan suara yang terdiri dari 3 pasangan calon pada tanggal 23 September. Pada pemilihan itu calon ketua yang terpilih adalah Wahyu Wahyudi bersama dengan wakilnya Gayuh Tedja Mukti yang selanjutnya mereka diamanahi untuk memimpin rekan dan teman-teman pengurus OSIS selama setahun ke depan. Dengan ini OSIS SPENSAKA diharapkan dapat menjalankan tugas sebagaimana mestinya dan menjadi kebanggaan SMP Negeri 1 Karangploso.