Jumat, 26 April 2024
Perguruan Tinggi

Rapat Panja Komisi X DPR RI dengan ULM

Rapat Panja Komisi X DPR RI  dengan ULM

Rektor Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Prof. Dr. Ahmad Alim Bachri, S.E., M.Si mendapat kunjungan dari Komisi X DPR RI dan Plt Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ditjen Dikti Riset Sri Gunadi Partiwi pada Kamis (26/1/2023).

Dalam pertemuan tersebut, Rektor ULM berdiskusi dan menyampaikan aspirasi kepada rombongan Komisi X DPR RI terkait perbaikan sistem pendidikan perguruan tinggi baik negeri dan swasta. Prof. Ahmad menyampaikan bahwa perlu adanya kebijakan dari pemerintah pusat yang dapat mendukung peningkatan mutu perguruan tinggi agar memiliki daya saing. “Kita perlu kebijakan yang dapat mendorong perguruan tinggi menjadi lebih produktif, misalnya pengelolaan perguruan tinggi yang berbasis pada kepentingan lokal,” tutur Rektor ULM.

Dr. Ir. H. Sodik Mudjahid, M.Sc., ketua rombongan Komisi X DPR RI menyampaikan bahwa saat ini diperlukan penguatan terkait kemampuan Perguruan Tinggi terutama dalam mencetak SDM yang berpengetahuan, terampil, dan berkarakter. “Beberapa hal yang kami soroti di antaranya perbaikan sistem dan peningkatan kesejahteraan untuk para dosen, serta perbaikan sistem dalam seleksi mahasiswa mandiri. Kami juga sudah mendapat beberapa usulan dan aspirasi dari Rektor ULM, ” tutur Dr. Sodik.

Kunjungan yang dilakukan Komisi X ini berkaitan dengan pengawasan pelaksanaan pendidikan di mana Komisi X merupakan Komisi DPR RI yang memiliki tugas dalam bidang pendidikan, olahraga, dan sejarah. Universitas Lambung Mangkurat sebagai universitas tertua di Kalimantan yang juga berada di wilayah penyangga utama IKN (Ibu Kota Negara) memiliki peran besar dalam menyiapkan kebutuhan pembangunan dan pengembangan IKN, salah satunya adalah kebutuhan SDM.

Maka dari itu, ULM terus-menerus berupaya untuk melakukan peningkatan dan pengembangan mutu dan kualitas pendidikan serta SDM-nya demi mewujudkan Indonesia generasi emas di 100 tahun kemerdekaan nantinya. Kunjungan dan diskusi dengan Komisi X DPR RI merupakan salah satu upaya ULM untuk menyampaikan aspirasi sekaligus membangun sinergi dengan pemerintah dalam mewujudkan cita-cita tersebut.